Skip to main content

Featured Post

Eksplorasi Keelokan serta Ketenangan di Danau yang Menawan yang Terletak di Sukabumi

  Sukabumi , kota yang diketahui hendak keelokan alamnya, menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan lewat pesona serta ketenangan yang terpancar dari danau- danau indahnya. Dari situ yang penuh teka- teki sampai danau- danau yang melegakan jiwa, tiap destinasi mempunyai cerita serta keunikan tertentu. Berikut merupakan sebagian saran danau yang dapat kamu kunjungi; Situ Batu Karut Situ Batu Karut, memiliki sejarah menarik yang tertanam dalam nama serta kehidupan sekitarnya. Konon, kampung ini dinamai Kampung Batu Karut dari legenda tentang batu yang terikat oleh pangkal beringin. Dalam bahasa Sunda, namanya bermakna“ Batu anu dikarut ku pangkal” ataupun“ Batu yang diikat dengan pangkal.” Walaupun batu yang diikat oleh pangkal tersebut telah tidak terdapat lagi, cerita ini senantiasa jadi bagian dari sejarah kampung. Awal mulanya, zona ini cuma berisi rumah- rumah serta tempat penggilingan beras. Tetapi, bersamaan berjalannya waktu, penduduk pindah serta tempat itu bertransformasi jad

SURGA DUNIA DI BANDUNG BARAT, TEMPAT TEMPAT WISATA ALAM YANG LAYAK DI KUNJUNGI Part 1

Portalgunhal.com - Tahun ini Pemerintah Kabupaten Bandung Barat sedang gencar-gencarnya mengeksplor kekayaan Bandung Barat yang sejak lama tak tersentuh dan bahkan dilupakan begitu saja. Terlebih untuk daerah pelosok Kabupaten Bandung Barat.

Terkenal mempunyai waduk dan pembangkit listrik tenaga air yang besar, Saguling, ternyata relief Kabupaten Bandung Barat memiliki banyak destinasi wisata alam yang lama tersembunyi. Apa saja nih?

1.    Stone Garden

@cepmuhlisin

Stone Garden Geopark atau oleh masyarakat sekitar lebih terkenal dengan nama Taman Batu Padalarang, terletak di Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, KabupatenBandung Barat. Adalah sebuah bukit yang terdiri dari susunan batu baik kecil maupun besar yang tersusun secara alami.

Diperkirakan, lokasi tersebut adalah bekas danau purbakala yang mengalami pendangkalan. Sehingga menjadi taman batu yang sangat indah. Dengan tiket Rp10.000, kamu bisa bebas berfoto ria di sini. Walau memerlukan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Bandung, banyak pengunjung yang datang bahkan dari luar kota.

Kamu bisa menggunakan motor untuk mengunjungi taman batu ini, karena akan lebih mudah dan cepat. Jika dari arah pusat kota Bandung, ambillah jalan ke arah Padalarang atau Cianjur, setelah berada di Tagog-Padalarang, akan ada petunjuk arah yang mengarahkanmu ke Stone Garden ini.

2.    Venue Gantole

@explorebandungbarat

Tempat Wisata yang satu ini  sebenarnya adalah bekas tempat take off olahraga paralayang pada ajang PON XIX 2017 Jawa Barat. Bertempat jauh dari perkotaan, tepatnya di Kampung Pasirpanjang, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Bandung Barat.

Bukit Gantole ini berada di Cihampelas Bandung Barat.  Memiliki nama daerah yang sama dengan Cihamplas Bandung, tapi berbeda dari segi daerah administrative, Membuat banyak pengunjung dari luar kota Bandung salah mengambil arah rute, dan malah berakhir ke Cihamplas Bandung. Jika ingin mengunjungi Gantole, kamu harus mengambil arah ke Cimahi Kota.

Setelah dari sana, ambil arah ke Batujajar, lalu terus ke arah Babakan Soreang/BBS, berlanjut ke Cililin, yang menjadi patokan semua orang, karenanya tempat wisata ini lebih dikenal dengan nama Bukit Gantole Cililin. Kabar baiknya sekarang akses jalannya sudah di perbaiki, menjadi perjalanan lebih menyenangkan

3.    CurugMalela

@cepmuhlisin

Berjarak sangat jauh dari pusat kota bandung, Ada sebuah air terjun yang terkenal dengan sebutan Air Terjun Niagara Mininya Indonesia. Terletak di antara dua gunung, ia bagai rangkaian benang sutra jika dilihat dari ketinggian. Membutuhkan waktu hingga tiga jam lamanya bagi para pengunjung yang ingin ke sana dari pusat Bandung Barat.

Curug dalam bahasa Sunda berarti air terjun. Merupakan sebuah curug yang sumber airnya berasal dari sebuah gunung berapi mati di barat Ciwidey, Gunung Kendeng. Aliran itu mengalir ke Sungai Cidadap yang berada di Gunung Halu. Dahulu kala, curug dipercaya dimiliki seorang kakek sakti, Eyang Tadji Malela.

Terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Bandung Barat, kamu harus ekstra sabar untuk mencapainya. Dari arah pusat kota Bandung, tepatnya dari Terminal Leuwi Panjang hanya ada satu angkutan yang benar-benar menuju kesini, sebuah bus bernama Madona, bus legendaris Bandung Barat.

Itu pun hanya sampai di Terminal Sindang Kerta, lalu menyambung menggunakan elf ke Terminal Gunung Halu, dari sini, kamu harus menggunakan angkot sampai di daerah bernama Buni Jaya, lalu naik ojek untuk sampai Cicadas. Rata-rata, orang yang mengunjungi Curug Malela menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah.

4.    Curug Ngebul Rongga

@cepmuhlisin

Suka Dengan Tempat Yang masih Murni dan bersih? Curug Ngebul ini bisa dibilang masih murni dan bersih dari jtangan manusia yang tidak bertanggung jawab, karena Curug Ngebul belum dikelola oleh pihak manapun. Hanya dikelola oleh beberapa warga sekitar, sehingga fasilitas di Curug Ngebul masih minim. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dengan lebar kurang lebih 5 meter. Karena ketinggian curug inilah, ketika debit air sedang tinggi, air yang jatuh akan menimbulkan butiran – butiran embun yang berkumpul menyerupai asap. Sehingga curug ini dinamakan Curug Ngebul.

Dikarenakan masih tersembunyi, akses menuju lokasi masih relatip sulit untuk d akses dan hanya bisa mengandalkan warga sekitar sebagai penunjuk arahnya. Karena belum ada petunjuk jalan sama sekali untuk menuju lokasi. Untuk arah pertama yang harus anda lalui adalah Cililin. Dari Cililin, teruslah melaju ke arah Gununghalu. Sesampainya di Gununghalu, arahkan kendaraan anda ke Desa Sindangjaya, ketika anda sampai di Desa Sindaangjaya, tanyakanlah pada warga sekitar jalan setapak menuju Curug Ngebul.

5.    Sanghyang Kenit

@cepmuhlisin

Kebanyakan orang hanya mengenal wisata air Sanghyang Heuleuttidak terlalu jauh dari sanghiyang ada setitik surga yang tersembunyi. Berupa rangkaian bebatuan staklanit yang tersusun secara alami dengan aliran air yang sedikit bernama Sanghyang Kenit.

Pemandangannya pun tidak kalah menarik dengan yang ada di Sanghyang Heuleut. Jika di Heuleut terkenal dengan wisata airnya, di Kenit terkenal dengan rangkaian indah dari stalakmit yang tersusun rapi secara alami, kecil maupun besar.

Apalagi jika aliran airnya sedang jernih, bagaikan menemukan surga dunia di daerah terpencil. Situs Citarum purba ini terletak di Cisameng, Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat, dan masuk ke dalam lingkup administratif PLTA Rajamandala.

PLTA Rajamandala adalah sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air yang cukup besar, di mana membendung aliran Sungai Citarum, dan menjadi pemasok utama listrik Jawa-Bali. Ia juga menjadi satu rangkaian dengan PLTA Jatiluhur, PLTA Cirata, hingga PLTA Saguling yang berada di aliran Citarum Besar.

6.    Sanghyang Heuleut

@cepmuhlisin

Sanghyang Heuleut terkenal dengan wisata airnya yang sangat indah dan enak untuk melepas penat dari hiruk piruknya perkotaan. Konon, tempat mandinya para bidadari yang turun ke dunia ini, terletak di Kp, Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Sanghyang dalam bahasa Sunda artinya sesuatu yang suci. Sementara heuleut artinya jeda.

Menurut penelitian, Sanghyang Heuleut adalah danau purba, yang mana menggenangi Bandung pada zaman dahulu. Seiring waktu air mengalami penyusutan karena adanya bendungan. Jadilah Sanghyang Heuleut setitik surga yang tertutupi oleh tebing batuan dan hutan yang indah.

Comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, berkomentarlah dengan baik dan tidak menaruh link aktif.

Komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda. Terima kasih

Popular posts from this blog

Metode Mengawali Bisnis Online Dari Nol Sampai Berhasil( Luar biasa Lengkap)

Merintis usaha dari nol sampai dapat mempunyai pelanggan yang loyal, tidaklah perihal yang gampang semacam membalikan telapak tangan. Diperlukan tekad serta keinginan yang kokoh, supaya kita sanggup bertahan di tengah persaingan bisnis yang terus menjadi ketat. Perihal seperti itu yang sudah aku tanamkan pada diri aku sendiri( penulis), kala hendak mengawali bisnis toko mainan( offline) dekat 9 tahun yang kemudian( tahun 2010). Setelah itu pada tahun 2013 aku mulai merintis membuka toko online. Nah pada peluang kali ini, aku mau memberikan pengalaman aku tersebut kepada Kamu seluruhnya. Kala hendak mengawali suatu bisnis online, hendaknya Kamu mengenali terlebih dulu tentang metode, serta metode mengawali bisnis online dari nol( dengan benar). Dengan mengenali perihal tersebut, pasti Kamu hendak bisa mengawali bisnis online tersebut secara lebih baik. Ilustrasi Bisnis Online Apabila Kamu telah sempat memperoleh rujukan yang lumayan( dari internet) tentang metode serta metode mengawali

10 Tempat Spa serta Sauna di Bandung yang Harus Dikunjungi

Bermacam- macam metode dapat dicoba buat membuat badan tetapi relaks sehabis mengerjakan banyak kegiatan tiap hari yang meletihkan, mulai dari rehat di rumah, olahraga hingga melaksanakan kegiatan pengobatan semacam sauna. Di Bandung sendiri ada banyak opsi tempat yang menawarkan bermacam sarana sauna terbaik buat mengembalikan tenaga yang terkuras sehabis bekerja. Sebagian tempat di antara lain semacam yang bakal Portalgunhal bahas dalam postingan di bawah. Buat kalian yang lagi mencari saran tempat sauna di Bandung, ikuti pembahasan berikut ini ya! 1. The Spa Trans Luxury Sumber: gastronomy- aficionado. com Alamat: Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor. 289 Bandung Telepon:+6222- 8734- 8888 Jam Operasional: 06. 00- 23. 00 Harga: Mulai dari Rp415, 000 The Spa ialah sarana terapi yang ditawarkan oleh The Trans Luxury hotel. Terletak di tengah pusat kota Bandung, The Spa muncul dengan bermacam sarana terapi yang bisa membuat badan rileks serta lebih segar. Walaupun lokasinya terletak di dal

5 Tempat Fitness di Jogja Khusus Perempuan yang Harus Dikunjungi

Melindungi kebugaran serta kesehatan badan ialah kebutuhan dasar tiap orang. Tetapi di masa modern semacam saat ini ini, fitnes bukan cuma hanya buat melindungi kesehatan badan saja. Akan tapi, telah jadi style hidup ataupun lifestyle. Tidak heran bila keberadaan tempat fitnes mulai menjamur di bermacam wilayah serta kota- kota besar, salah satunya Yogyakarta . Tiap tempat fitnes umumnya telah sediakan alat- alat spesial, baik itu buat gym, aerobik serta bermacam tipe latihan yang lain. Tetapi mengingat kebutuhan serta kenyamanan tiap orang berbeda- beda maka, tiap tempat fitnes pula umumnya sediakan ketentuan tertentu. Terdapat tempat fitnes umum terdapat pula tempat fitnes khusus perempuan. Selaku seseorang perempuan, terkadang kita merasa tidak aman kala mesti fitness satu ruangan dengan pria. Terlebih bila kalian seseorang perempuan muslim, pastinya kalian bakal lebih bebas serta aman bila ruangannya terpisah. Nah, untuk kalian penduduk Jogja yang lagi mencari tempat fitnes khusus