Skip to main content

Featured Post

Eksplorasi Keelokan serta Ketenangan di Danau yang Menawan yang Terletak di Sukabumi

  Sukabumi , kota yang diketahui hendak keelokan alamnya, menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan lewat pesona serta ketenangan yang terpancar dari danau- danau indahnya. Dari situ yang penuh teka- teki sampai danau- danau yang melegakan jiwa, tiap destinasi mempunyai cerita serta keunikan tertentu. Berikut merupakan sebagian saran danau yang dapat kamu kunjungi; Situ Batu Karut Situ Batu Karut, memiliki sejarah menarik yang tertanam dalam nama serta kehidupan sekitarnya. Konon, kampung ini dinamai Kampung Batu Karut dari legenda tentang batu yang terikat oleh pangkal beringin. Dalam bahasa Sunda, namanya bermakna“ Batu anu dikarut ku pangkal” ataupun“ Batu yang diikat dengan pangkal.” Walaupun batu yang diikat oleh pangkal tersebut telah tidak terdapat lagi, cerita ini senantiasa jadi bagian dari sejarah kampung. Awal mulanya, zona ini cuma berisi rumah- rumah serta tempat penggilingan beras. Tetapi, bersamaan berjalannya waktu, penduduk pindah serta tempat itu bertransformasi jad

Sanghiyang kenit- Keindahan Bebatuan Purba di Sepanjang Aliran Sungai

Portalgunhal- membicarakan tempat wisata alam di daerah Bandung Barat memang tidak aka ada habisnya, banyak seklai destinasi Wisata Alam yang masih belum banyak terekspos, salah satunya yang akan portalgunhal bahas kali ini adalah Sanghiyang Kenit, nama ini masih asing dikalangan para pecinta Wisata Alam, karna memang kalah pamor dengan Sanghiyang Heuleut dan Sungai Cikahuripan, namun keindahan Sanghiyang Kenit tidak Kalah dari Sangiyang Heuleut dan Sungai Cikahuripan.

Instagram @sanghyang_kenit_official

Keindahan Sanghiyang Kenit

Dibalik segala mitos yang ada di tempat ini, tidak bisa di pungkiri bahwa tempat ini mempunyai daya Tarik tersendiri, pemandangan yang begitu megah dengan diding-dinding tebing yang menjulang tinggi dan bebatuan terhampar di sepanjang aliran sungai akan membuat semua orang takjub melihat keindahannya.

Menurut informasi dari salah satu pemandu Sanghiyang Kenit , hasil dari terbentuknya landscape adalah suatu ketidaksengajaan, dimana semua bebatuan, tebing hingga goa yang berada di sanghiyang kenit muncul setelah air dari Waduk Saguling menuju aliran Sungai Citarum Purba, dialihkan ke PLTA Rajamandala.

Mitos dan Asal Usul Sanghiyang Kenit

Berbicara Wisata Alam atau tempat Purba tak lengkap bila kita tidak membahas tentang Mitos da asal usulnya, ada dua mitos yang berkembang di masyarakat lokal tentang nama sanghiyang Kenit. Sanghyang berasal dari kata Sang dan Hyang yang berarti sesuatu yang dianggap agung dan berharga.

Sedangkan Kenit/Kenit memiliki arti melingkar. Karna jiga diperhatikan dengan seksama bentuk goa itu melingkar. Begitu pula ketika aliran sungai citarum Purba dalam keadaann normal, arusnya seolah berbentuk melingkar dan berputar.

Ada juga mitos lainnya yaitu adanya keturunan seorang wali, bernama Eyang Wastu Lingga, menyembelih hewan kendit sebagai tumbal. Hewan kendit sendiri merupakan seekor kambing berwarna putih mempunyai ‘sabuk pinggang’. Berwarna hitam di badannya ataupun sebaliknya, yang di jadikan sebagai tumbal di tempat ini.

Melihat Keindahan alam

Instagram @sanghyang_kenit_official

Kalian bisa melakukan beberapa aktivitas yang ada di sini, seperti Arum jeram, menyusuri Goa atau berjalan menyusuri setiap spot yang ada di Sanghiyang Kenit. Ada batas minimal dalam menyusuri goa, yaitu minimal 5 orang, dan untuk Arum jeram sendiri tidak bisa setiap saat, karna terpengaruh oleh pasang surutnya air.jadi bagi kalian yang hanya ingin mencoba Arum Jeram di sarankan mencari dulu info ketersediananya.

Instagram @sanghyang_kenit_official

Temapat Prawedding

Instagram @sanghyang_kenit_official

Nah bagi kalin pasangan yang inigin melakukan Praweding dengan nuansa alam yang eksotis, Sanghiyang Kenit bisa jadi pilihan loh.

Instagram @sanghyang_kenit_official

Rute

Untuk kalian yang dari luar Bandung, bisa melilih lewat Tol Padalarang dan menuju kea rah Rajamandala dan menuju kea rah PLTA Saguling. Dari Pdalarang di butuhkan waktu hingga 1 jam lebih agar sampai di lokasi.

Untuk menuju PLTA Saguling sendiri sudah ada papan petunjuk yang sangat jelas jadi tidak usah khawatir akan tersesat, da nada juga petunjuk arah di Google Maps yang lumayan akurat. Setelah sampai di PLTA saguling kalian juga bisa bertanya atau menyewa jasa pemandu wisata di sana, agar kita lebih aman ketika menyusuri lokasi Sanghiyang Kenit.

Bagai mana tertarik untuk berkunjung ke Sanghiyang Kenit?

Semoga artikel ini membantu bagi kalian yang sedang mencari info wisata Sanghiyang Kenit, jangan lupa cek Wsiata lainnya di blog ini.

Samapi jumpa di artikel selanjutnya.

Comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, berkomentarlah dengan baik dan tidak menaruh link aktif.

Komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus karena blog ini bukan tempat untuk mempromosikan produk yang dijual di blog anda. Terima kasih

Popular posts from this blog

Metode Mengawali Bisnis Online Dari Nol Sampai Berhasil( Luar biasa Lengkap)

Merintis usaha dari nol sampai dapat mempunyai pelanggan yang loyal, tidaklah perihal yang gampang semacam membalikan telapak tangan. Diperlukan tekad serta keinginan yang kokoh, supaya kita sanggup bertahan di tengah persaingan bisnis yang terus menjadi ketat. Perihal seperti itu yang sudah aku tanamkan pada diri aku sendiri( penulis), kala hendak mengawali bisnis toko mainan( offline) dekat 9 tahun yang kemudian( tahun 2010). Setelah itu pada tahun 2013 aku mulai merintis membuka toko online. Nah pada peluang kali ini, aku mau memberikan pengalaman aku tersebut kepada Kamu seluruhnya. Kala hendak mengawali suatu bisnis online, hendaknya Kamu mengenali terlebih dulu tentang metode, serta metode mengawali bisnis online dari nol( dengan benar). Dengan mengenali perihal tersebut, pasti Kamu hendak bisa mengawali bisnis online tersebut secara lebih baik. Ilustrasi Bisnis Online Apabila Kamu telah sempat memperoleh rujukan yang lumayan( dari internet) tentang metode serta metode mengawali

10 Tempat Spa serta Sauna di Bandung yang Harus Dikunjungi

Bermacam- macam metode dapat dicoba buat membuat badan tetapi relaks sehabis mengerjakan banyak kegiatan tiap hari yang meletihkan, mulai dari rehat di rumah, olahraga hingga melaksanakan kegiatan pengobatan semacam sauna. Di Bandung sendiri ada banyak opsi tempat yang menawarkan bermacam sarana sauna terbaik buat mengembalikan tenaga yang terkuras sehabis bekerja. Sebagian tempat di antara lain semacam yang bakal Portalgunhal bahas dalam postingan di bawah. Buat kalian yang lagi mencari saran tempat sauna di Bandung, ikuti pembahasan berikut ini ya! 1. The Spa Trans Luxury Sumber: gastronomy- aficionado. com Alamat: Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor. 289 Bandung Telepon:+6222- 8734- 8888 Jam Operasional: 06. 00- 23. 00 Harga: Mulai dari Rp415, 000 The Spa ialah sarana terapi yang ditawarkan oleh The Trans Luxury hotel. Terletak di tengah pusat kota Bandung, The Spa muncul dengan bermacam sarana terapi yang bisa membuat badan rileks serta lebih segar. Walaupun lokasinya terletak di dal

5 Tempat Fitness di Jogja Khusus Perempuan yang Harus Dikunjungi

Melindungi kebugaran serta kesehatan badan ialah kebutuhan dasar tiap orang. Tetapi di masa modern semacam saat ini ini, fitnes bukan cuma hanya buat melindungi kesehatan badan saja. Akan tapi, telah jadi style hidup ataupun lifestyle. Tidak heran bila keberadaan tempat fitnes mulai menjamur di bermacam wilayah serta kota- kota besar, salah satunya Yogyakarta . Tiap tempat fitnes umumnya telah sediakan alat- alat spesial, baik itu buat gym, aerobik serta bermacam tipe latihan yang lain. Tetapi mengingat kebutuhan serta kenyamanan tiap orang berbeda- beda maka, tiap tempat fitnes pula umumnya sediakan ketentuan tertentu. Terdapat tempat fitnes umum terdapat pula tempat fitnes khusus perempuan. Selaku seseorang perempuan, terkadang kita merasa tidak aman kala mesti fitness satu ruangan dengan pria. Terlebih bila kalian seseorang perempuan muslim, pastinya kalian bakal lebih bebas serta aman bila ruangannya terpisah. Nah, untuk kalian penduduk Jogja yang lagi mencari tempat fitnes khusus