Skip to main content

Featured Post

Eksplorasi Keelokan serta Ketenangan di Danau yang Menawan yang Terletak di Sukabumi

  Sukabumi , kota yang diketahui hendak keelokan alamnya, menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan lewat pesona serta ketenangan yang terpancar dari danau- danau indahnya. Dari situ yang penuh teka- teki sampai danau- danau yang melegakan jiwa, tiap destinasi mempunyai cerita serta keunikan tertentu. Berikut merupakan sebagian saran danau yang dapat kamu kunjungi; Situ Batu Karut Situ Batu Karut, memiliki sejarah menarik yang tertanam dalam nama serta kehidupan sekitarnya. Konon, kampung ini dinamai Kampung Batu Karut dari legenda tentang batu yang terikat oleh pangkal beringin. Dalam bahasa Sunda, namanya bermakna“ Batu anu dikarut ku pangkal” ataupun“ Batu yang diikat dengan pangkal.” Walaupun batu yang diikat oleh pangkal tersebut telah tidak terdapat lagi, cerita ini senantiasa jadi bagian dari sejarah kampung. Awal mulanya, zona ini cuma berisi rumah- rumah serta tempat penggilingan beras. Tetapi, bersamaan berjalannya waktu, penduduk pindah serta tempat itu bertransformasi jad

Traveling ke Sulsel? Ikuti 10 Tempat Wisata di Toraja Ini!

Tidak cuma Makassar serta Tanjung Bira, Sulawesi Selatan mempunyai banyak sekali destinasi wisata unik yang dapat kalian kunjungi. Mulai dari wisata dalam laut di Selayar, Gunung Latimojong, sampai budaya dapat kalian temukan di sini. Semacam di Toraja, destinasi wisata yang unik serta sayang bila kalian lewati. Terlebih, kalian telah sampai di Makassar.

Berjarak 297 kilometer dari Kota Makassar, Toraja terletak di Kota Makale, Sulawesi Selatan. Di sini, kalian ada perkampungan dengan tradisi yang unik, dimana orang yang telah wafat tidak dikubur seperti pada biasanya, tetapi diawetkan serta‘ dikubur’ di tembok besar. Penasaran di Toraja terdapat apa saja? Kali ini Portalgunhal bakal menginformasikan 10 tempat wisata di Toraja. Ayo, ikuti artikelnya!

1. Kete Kesu

* sumber: www. pegipegi. com

Kete Kesu ialah salah satu desa wisata yang harus kalian kunjungi kala traveling ke Toraja. Masuk ke daerah Toraja Utara, kalian perlu menempuh jarak 14 kilometer dari Kota Makal buat dapat sampai di sini. Walaupun jauh, panorama alam yang kalian amati selama perjalanan sangat indah serta menyejukkan.

Setibanya di Kete Kesu, kalian bakal rumah adat yang disebut dengan Tongkonan. Menurut informasi, Tongkonan biasa digunakan buat menaruh mayat saat sebelum nantinya dimakamkan. Tidak cuma Tongkonan, di Kete Kesu ada goa penyimpanan mayat serta bukit yang menyimpan barang purbakala berumur ratusan tahun.

  • Alamat: Pantanakan Lolo, Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp10. 000/ orang

2. Bori’ Kalimbuang

* sumber: www. pegipegi. com
Tidak lepas dari wisata budaya, Bori’ Kalimbuang yang ialah gugusan batu- batu semacam Stonehege di Inggris, pula mempunyai cerita budaya. Tempat ini sesungguhnya pemakaman serta tempat dimana kerap diadakan upacara kematian. Budaya Toraja merupakan sangat menghormati orang yang telah wafat, maka tidak heran tradisinya lumayan unik.

Situs Bori’ Kalimbuang didirikan semenjak tahun 1617. Awal mulanya, bebatuan yang terdapat di sini dibawa dari atas gunung batu oleh penduduk setempat kala akan melaksanakan upacara pemakaman. Saat sebelum dipasangkan di lokasi Rante, batu- batu tersebut melewati sebagian ritual. Sehingga lebih sakral. Di sini, kalian senantiasa dapat difoto buat kenang- kenangan.

  • Alamat: Bori, Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 08. 00– 18. 00 WITA
  • Tiket Masuk: Rp15. 000/ orang

3. Londa

* sumber: www. goodnewsfromindonesia. id

Jalan- jalan ke Toraja, belum lengkap rasanya bila kalian tidak datang ke salah satu objek wisata ini. Tentu kalian sudah tidak asing dengan tempat makam goa yang terletak di suatu bukit, berisi peti serta tengkorak yang sudah terdapat semenjak ratusan tahun yang lalu. Tempat ini dinamakan Londa.

Londa ada peti mati yang ditaruh di tempat tinggi. Peti ataupun biasa disebut Erong ini digunakan buat orang yang mempunyai kedudukan terhormat. Semakin tinggi posisi peti, maka semakin tinggi pula posisi orang tersebut di warga. Warga yakin, semakin tinggi letak peti maka semakin tinggi pula perjalanan roh menuju nirwana.

  • Alamat: Tadongkon, Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 08. 00– 17. 00 WITA
  • Tiket Masuk: Rp10. 000/ orang

4. Tongkonan Pallawa

* sumber: keposiasi. com

Toraja memanglah identik dengan pemakaman yang unik serta rumah adat ataupun tongkonan. Di Desa Pallawa, tepatnya di Rantepao, Sulawesi Selatan, ada tongkonan tertua yang lebih dahulu mempunyai tradisi kanibal. Bila perang antar desa, daging manusia yang jadi korban bakal dimakan bersama. Tetapi bersamaan berjalannya waktu, tradisi tersebut telah diganti.

Saat ini, tradisi kanibal telah diganti dengan memakan ayam, jadi kalian tidak perlu khawatir buat datang ke sini. Ada 11 tongkonan di Desa Pallawa, serta pada rumah tertentu ada tanduk kerbau di bagian depannya, yang menunjukkan kalau pemilik rumah telah melaksanakan upacara rambu solo.

  • Alamat: Pallawa, Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 08. 00– 17. 00 WITA
  • Tiket Masuk: Rp10. 000/ orang

5. Sarambu Marintang

* sumber: keposiasi. com

Tidak cuma wisata budaya saja, Toraja yang posisinya terletak di ketinggian pula mempunyai air terjun yang unik. Salah satunya, dinamakan Sarambu Marintang ataupun Air Terjun 7 Tingkatan. Disebut begitu, karna air terjun ini berbeda dengan air terjun pada biasanya.

Terdiri dari undakan- undakan batu besar, Sarambu Marintang membagikan pesona air terjun yang unik. Sebab banyaknya undakan, air yang mengalir dari atas jadi melebar tidak cuma di satu sisi saja. Sehingga nampak menawan serta melegakan. Sehabis letih berkelana di Toraja, Sarambu Marintang dapat kalian peruntukan selaku destinasi penutup liburanmu.

  • Alamat: Simbuang, Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5. 000/ orang

6. Museum Ne’ Gandeng

* sumber: travelingyuk. com

Museum Ne’ Gandeng dibangun buat menghormati tetua adat Tana Toraja serta ialah tempat pemakaman Ne’ Gandeng pada tahun 1994. Ne’ Gandeng orang yang berjasa memasukkan listrik di desa menggunakan uang hasil menjual kerbau, maka selaku wujud penghormatan, tempat ini dibentuk.

Tidak lama sehabis dibangun museum, dibangun pula rumah adat serta dijadikan selaku tempat wisata. Sampai dikala ini, Museum Ne’ Gandeng kerap dijadikan selaku tempat upacara pemakaman serta upacara rambu solo. Budaya Toraja bakal sangat kalian rasakan di sini.

  • Alamat: Malakiri, Balusu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 06. 00– 21. 00 WITA
  • Tiket Masuk: Rp10. 000/ orang

7. Lokomata

* sumber: www. ikutilangkahkaki. com

Jika diartikan, Lokomata berarti lubang. Sama semacam destinasi wisata Toraja yang lain, Lokomata ialah pemakaman. Uniknya, Lokomata terletak di pinggir jalan. Jadi bakal dengan gampang buat kalian menemukan tempat ini sebab bentuknya batu besar.

Batu besar di pinggir jalan ini ada banyak lubang buat menyimpan mayat. Berbeda dengan pemakaman lain, di sini dalam satu lubang dapat diisi lebih dari satu orang. Umumnya, satu keluarga dimasukkan ke dalam satu lubang yang sama.

  • Alamat: Sesean Matallo, Sesean Suloara, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp10. 000/ orang

8. Bukit Ollon

* sumber: www. asokaremadja. com

Traveling ke Toraja, tidak cuma wisata budaya saja. Di sini terdapat tempat yang bakal mengingatkanmu pada hijaunya bukit teletubbies dengan panorama alam yang menawan. Bukit Ollon, yang berhadapan langsung dengan Sungai Sadang, ialah bukit yang hijau serta luas. Betul- betul seperti lagi berada di bukit teletubbies.

Dari Bukit Ollon, kalian dapat melihat cantiknya pegunungan di Sulawesi Selatan serta sungai yang mengalir jernih di bawahnya. Buat kalian yang suka camping, dapat pula lho, membangun tenda di sini. Menikmati pesona Bukit Ollon lebih lama, tentu seru.

  • Alamat: Bau, Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp10. 000/ orang

9. Lemo

* sumber: blog. misteraladin. com

Satu lagi makam yang perlu kalian kunjungi di Toraja. Lemo ialah salah satu pemakaman yang menempel di dinding tebing. Sama semacam di Lokomata, di sini pula dalam satu lubang dapat diisi oleh satu keluarga. Semacam halnya makam yang lain di Toraja, Lemo mempunyai filosofi serta cerita tradisi yang diturunkan.

Ada pula arca yang diberi nama Tau- Tau, serta merepresentasikan orang- orang yang dimakamkan di sini. Tetapi, tidak seluruh orang dijadikan Tau- Tau, cuma orang yang telah melaksanakan upacara rambu solo dengan mengurbankan 24 ekor kerbau saja yang nantinya dibuatkan Tau- Tau. Menarik, ya?

  • Alamat: Lemo, Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp10. 000/ orang

10. Patung Tuhan Yesus Memberkati

* sumber: direview. id

Buat kalian yang suka wisata religi pasti mau sekali datang ke sini, paling utama buat kalian yang beragama Kristen ataupun Katholik, di Toraja ada Patung Tuhan Yesus Memberkati. Patung yang ialah patung Yesus paling tinggi di dunia. Patung setinggi 40 m ini berdiri dengan gagah, menghadap ke Kota Makale.

Dari sini, wisatawan bisa menikmati indahnya panorama alam Kota Makale dan pegunungan yang mengelilingi Toraja. Kalian pula dapat mencoba sensasi berjalan di atas jembatan kaca, pas di depan Patung Yesus ini. Tetapi, kalian perlu membayar bayaran ekstra sebesar Rp50. 000/ orang.

  • Alamat: Buntu Burake, Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 07. 00– 18. 00 WITA
  • Tiket Masuk: Rp18. 000/ orang

Nah, seperti itu 10 tempat wisata di Toraja yang harus kalian kunjungi. Wisata budaya serta religi dapat kalian jalani di sini. Sudah terdapat rencana ke Toraja?


Comments

Popular posts from this blog

Metode Mengawali Bisnis Online Dari Nol Sampai Berhasil( Luar biasa Lengkap)

Merintis usaha dari nol sampai dapat mempunyai pelanggan yang loyal, tidaklah perihal yang gampang semacam membalikan telapak tangan. Diperlukan tekad serta keinginan yang kokoh, supaya kita sanggup bertahan di tengah persaingan bisnis yang terus menjadi ketat. Perihal seperti itu yang sudah aku tanamkan pada diri aku sendiri( penulis), kala hendak mengawali bisnis toko mainan( offline) dekat 9 tahun yang kemudian( tahun 2010). Setelah itu pada tahun 2013 aku mulai merintis membuka toko online. Nah pada peluang kali ini, aku mau memberikan pengalaman aku tersebut kepada Kamu seluruhnya. Kala hendak mengawali suatu bisnis online, hendaknya Kamu mengenali terlebih dulu tentang metode, serta metode mengawali bisnis online dari nol( dengan benar). Dengan mengenali perihal tersebut, pasti Kamu hendak bisa mengawali bisnis online tersebut secara lebih baik. Ilustrasi Bisnis Online Apabila Kamu telah sempat memperoleh rujukan yang lumayan( dari internet) tentang metode serta metode mengawali

10 Tempat Spa serta Sauna di Bandung yang Harus Dikunjungi

Bermacam- macam metode dapat dicoba buat membuat badan tetapi relaks sehabis mengerjakan banyak kegiatan tiap hari yang meletihkan, mulai dari rehat di rumah, olahraga hingga melaksanakan kegiatan pengobatan semacam sauna. Di Bandung sendiri ada banyak opsi tempat yang menawarkan bermacam sarana sauna terbaik buat mengembalikan tenaga yang terkuras sehabis bekerja. Sebagian tempat di antara lain semacam yang bakal Portalgunhal bahas dalam postingan di bawah. Buat kalian yang lagi mencari saran tempat sauna di Bandung, ikuti pembahasan berikut ini ya! 1. The Spa Trans Luxury Sumber: gastronomy- aficionado. com Alamat: Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor. 289 Bandung Telepon:+6222- 8734- 8888 Jam Operasional: 06. 00- 23. 00 Harga: Mulai dari Rp415, 000 The Spa ialah sarana terapi yang ditawarkan oleh The Trans Luxury hotel. Terletak di tengah pusat kota Bandung, The Spa muncul dengan bermacam sarana terapi yang bisa membuat badan rileks serta lebih segar. Walaupun lokasinya terletak di dal

5 Tempat Fitness di Jogja Khusus Perempuan yang Harus Dikunjungi

Melindungi kebugaran serta kesehatan badan ialah kebutuhan dasar tiap orang. Tetapi di masa modern semacam saat ini ini, fitnes bukan cuma hanya buat melindungi kesehatan badan saja. Akan tapi, telah jadi style hidup ataupun lifestyle. Tidak heran bila keberadaan tempat fitnes mulai menjamur di bermacam wilayah serta kota- kota besar, salah satunya Yogyakarta . Tiap tempat fitnes umumnya telah sediakan alat- alat spesial, baik itu buat gym, aerobik serta bermacam tipe latihan yang lain. Tetapi mengingat kebutuhan serta kenyamanan tiap orang berbeda- beda maka, tiap tempat fitnes pula umumnya sediakan ketentuan tertentu. Terdapat tempat fitnes umum terdapat pula tempat fitnes khusus perempuan. Selaku seseorang perempuan, terkadang kita merasa tidak aman kala mesti fitness satu ruangan dengan pria. Terlebih bila kalian seseorang perempuan muslim, pastinya kalian bakal lebih bebas serta aman bila ruangannya terpisah. Nah, untuk kalian penduduk Jogja yang lagi mencari tempat fitnes khusus