Skip to main content

Featured Post

Eksplorasi Keelokan serta Ketenangan di Danau yang Menawan yang Terletak di Sukabumi

  Sukabumi , kota yang diketahui hendak keelokan alamnya, menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan lewat pesona serta ketenangan yang terpancar dari danau- danau indahnya. Dari situ yang penuh teka- teki sampai danau- danau yang melegakan jiwa, tiap destinasi mempunyai cerita serta keunikan tertentu. Berikut merupakan sebagian saran danau yang dapat kamu kunjungi; Situ Batu Karut Situ Batu Karut, memiliki sejarah menarik yang tertanam dalam nama serta kehidupan sekitarnya. Konon, kampung ini dinamai Kampung Batu Karut dari legenda tentang batu yang terikat oleh pangkal beringin. Dalam bahasa Sunda, namanya bermakna“ Batu anu dikarut ku pangkal” ataupun“ Batu yang diikat dengan pangkal.” Walaupun batu yang diikat oleh pangkal tersebut telah tidak terdapat lagi, cerita ini senantiasa jadi bagian dari sejarah kampung. Awal mulanya, zona ini cuma berisi rumah- rumah serta tempat penggilingan beras. Tetapi, bersamaan berjalannya waktu, penduduk pindah serta tempat itu bertransformasi jad

10 Oleh- Oleh Khas Makassar yang Harus Kamu Beli

Makassar merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Kota ini pula jadi destinasi wisata yang menarik buat didatangi. Terdapat bermacam tempat wisata ataupun tempat nongkrong yang keren di Makassar. Jadi, apakah Kamu berminat buat liburan di sini? Bila ya, catat seluruh catatan barang di Makassar yang dapat dibeli buat oleh- oleh.

Kala Kamu berkunjung ke Makassar, bisa jadi Kamu masih bimbang hendak membeli makanan ataupun barang apa yang jadi karakteristik khas kota ini. Tenang saja, Portalgunhal bakal membagikan saran mengenai oleh- oleh khas Makassar yang harus Kamu beli. Ayo, intip daftarnya di bawah ini!

1. Kain Tenun ataupun Sarung Bugis

Belum ke Makassar apabila Kamu tidak membeli oleh- oleh khas Makassar yang satu ini. Merupakan kain tenun ataupun sarung khas Bugis yang biasa dijajakan di pasar- pasar tradisional yang terdapat di Makassar. Corak yang dipunyai oleh kain tenun serta sarung ini sangat unik, belum lagi warna- warni kain tersebut memanglah nampak sangat menarik.

Buat harganya sendiri bermacam- macam bergantung tipe kain yang Kamu pilih. Kamu dapat memperoleh kain tenun serta sarung Bugis ini dengan harga mulai dari 20 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

2. Minyak Tawon

Minyak satu ini memanglah dapat dibeli di apotek- apotek seluruh Indonesia. Tetapi, tetap saja minyak tawon yang berasal dari kota aslinya mempunyai mutu yang lebih baik. Makassar merupakan kota yang jadi penghasil minyak tawon.

Apalagi, minyak gosok buat mengatasi bisul ataupun gatal ini dapat Kamu jumpai di pusat oleh- oleh yang biasa menjual makanan kering. Uniknya, minyak tawon yang dijual di Makassar menawarkan ukuran kemasan yang sangat besar. Di samping itu, terdapat pula sebagian pilihan aroma buat minyak gosok yang satu ini.

3. Kue Kurma

Apakah kue kurma dibuat dari buah kurma yang biasa banyak dijual dikala bulan puasa? Tidak, kue ini tidak memiliki buah kurma sama sekali. Diberi nama begini sebab bentuk kue ini terlihat semacam kurma. Bahan- bahan yang dibutuhkan buat membuat kue ini antara lain merupakan tepung terigu, mentega, telur, serta maizena.

Setelah itu, kue ini dibalut dengan saus karamel sehingga sekilas rupanya terlihat semacam buah kurma. Sehabis dibalut karamel, taburkan potongan kacang di atasnya. Rasa dari kue kurma ini manis, namun lebih gurih sebab terdapatnya potongan kacang.

4. Otak- Otak Ikan

Sangat gampang buat menemukan Otak- Otak Ikan Tengiri dikala terletak di Makassar. Kamu dapat membeli oleh- oleh khas Makassar ini di para penjual yang berjualan di dekat Pantai Losari. Tetapi, Kamu juga bisa mendapatkan makanan ini di toko Otak- Otak Ibu Elly ataupun Otak- Otak Ibu Sanny. Kedua brand otak- otak ini merupakan yang populer serta terbesar di Makassar.

Panduan apabila Kamu mau membeli otak- otak ikan buat dibawa pulang selaku oleh- oleh, Kamu wajib memastikan kalau otak- otak dalam kondisi mentah. Sesampainya di tempat otak- otak wajib lekas dipanggang supaya tidak rusak.

5. Kerupuk Jintan

* sumber: dapurummahat. blogspot. co. id

Makassar merupakan pusatnya makanan ringan dengan rasa yang khas. Kala Kamu berkunjung ke Makassar, luangkan diri buat membeli kerupuk jintan. Sesungguhnya kerupuk ini lebih mirip dengan kue kering. Tetapi, yang membuat makanan ini dinamakan kerupuk merupakan teksturnya sangat renyah serta menyamai kerupuk pada biasanya.

Di samping itu, terdapat ekstra jintan hitam di dalam adonan kerupuk ini sehingga rasanya sangat gurih serta nikmat. Kerupuk jintan ini merupakan makanan yang sesuai dikonsumsi buat ngemil.

6. Baruasa

Dilihat dari bentuknya, Baruasa memanglah nampak semacam biskuit bayi. Tetapi, itu cuma penampilannya saja sebab sesungguhnya ini merupakan kue kering yang dapat dikonsumsi oleh orang- orang dari bermacam usia. Baruasa kerap dijadikan selaku opsi oleh- oleh sebab rasanya lezat serta harganya juga pula terjangkau.

Kue ini dibuat dari tepung beras, telur, serta kelapa parut. Jadi, pasti saja aroma kue ini sangat harum sebab memakai bahan bawah kelapa parut. Cara menikmati kue Baruasa yang nikmat merupakan sembari minum teh manis hangat di sore hari.

7. Sirup DHT

Sempat dengar ataupun minum sirup Tjampolay dari Cirebon? Nah, rasa Sirup DHT ini kurang lebih mirip dengan sirup Tjampolay tersebut. Sirup DHT ini mempunyai rasa pisang ambon yang tidak dapat Kamu temukan di kota- kota besar. Bila Kamu mau mencari souvernir buat diberikan kepada orang- orang terdekat di tempat Kamu, maka Sirup DHT ini dapat jadi pilihan yang pas.

Sirup ini telah terdapat semenjak puluhan tahun yang lalu. Apalagi, perusahaannya sengaja tidak mengubah logo di kemasannya buat melindungi tradisi dari sirup ini. Kamu dapat meminum Sirup DHT langsung ataupun menjadikan sirup ini yang dituangkan di atas es palu butung ataupun yang lebih diketahui dengan nama es pisang hijau.

8. Kopi Toraja

Kurang lengkap rasanya bila ke Makassar tanpa bawa buah tangan yang khas satu ini. Kamu tidak bakal membeli aksesoris selaku oleh- oleh sebab Kamu telah mempunyai Kopi Toraja yang nantinya dapat dijadikan oleh- oleh serta nyatanya bakal disukai oleh penerima oleh- oleh.

Perlu Kamu tahu kalau cita rasa dari oleh- oleh khas Makassar ini sangat berbeda dengan kopi yang biasa Kamu minum. Tidak cuma itu saja, kopi ini pula ada dalam 3 tipe opsi semacam Arabica, Robusta, serta Special Blend. Nah, tertarik buat mencoba oleh- oleh dari Makassar yang kami rekomendasikan ini?

9. Kacang Sembunyi

Pernahkah Kamu menikmati kacang dikala lagi santai? Nah, makanan yang bernama Kacang Sembunyi ialah buah tangan yang harus dibeli serta dicoba dikala Kamu berada di Makassar.

Makan ringan yang dapat ditemui di pusat oleh- oleh Makassar ini berasal dari kacang tanah yang dibungkus dengan tepung serta dibentuk memanjang. Sekali lihat saja Kamu pasti telah tahu kalau kacang ini nampak semacam jajanan pisang molen. Camilan yang satu ini memanglah sesuai buat menemani dikala santai Kamu.

10. Abon Raos

Terdapat yang unik dari oleh- oleh yang satu ini. Nama Raos sesungguhnya merupakan bahasa Sunda yang maksudnya lezat. Nah, gimana dapat oleh- oleh dari Makassar ini bernama Raos ya? Abon Raos merupakan abon yang dibuat dari daging sapi. Yang membuat abon ini berbeda dengan abon sapi yang lain merupakan rasanya yang sangat nendang serta luar biasa lezat.

Abon ini dapat dipakai buat bahan kombinasi kue ataupun roti. Tetapi, Kamu pula dapat menikmati Abon Raos khas Makassar ini buat dimakan dengan sepiring nasi putih yang masih hangat.

11. Bannang- Bannang

* sumber: meter. exploresouthsulawesi. com

Asing dengan si cemilan manis satu ini? Bannang- bannang merupakan salah satu cemilan khas yang harus Kamu beli kala berada di Makassar. Mengapa disebut dengan Bannang- Bannang? Bila Kamu perhatikan, bentuknya melonjong serta nampak semacam benang kusut.

Maka dari itulah, bisa jadi namanya jadi Bannang- Bannang. Warnanya coklat keemasan, bila Kamu menggigitnya maka rasa manisnya melumer di mulut Kamu. Nah, cemilan satu ini pula dapat jadi solusi buat buah tangan dari Makassar lho.

12. Sirup Markisa

* sumber: fjb. kaskus. co. id

Sehabis Sirup DHT, nyatanya Makassar juga mempunyai sirup khas yang lain ialah Sirup Markisa. Tidak kalah enaknya dengan Sirup Makisa khas Medan, ini merupakan minuman manis yang siap menyegarkan dahaga.

Tidak hanya itu pula, Sirup Markisa asal Makassar mempunyai rasa yang beda dengan Sirup Markisa yang lain lho. Penasaran mau coba? Kamu dapat langsung ke Makassar buat mencicipinya serta dapat pula dijadikan selaku oleh- oleh.

13. Kain Sutra Sengkang

* sumber: www. tomakassar. com

Bosan dengan oleh- oleh berbentuk makanan ataupun minuman? Jika begitu Kamu dapat membeli kain Sutra Sengkang selaku solusi oleh- oleh khas Makassar. Nyatanya, Makassar bukan cuma mempunyai Kain Tenun saja. Alasannya Sutra Sengkang pula ialah kain khas yang berasal dari Makassar.

Hmm, buat harga sih memanglah Kamu wajib merogoh kocek sedikit dalam. Alasannya, kain Sutra Sengkang ini dapat dijual dengan harga mencapai jutaan rupiah lho. Tetapi, terdapat pula harga yang berkisar ratusan ribuan dengan membeli kain Semi- Sutra Sengkang.

14. Dangke

* sumber: www. dewirieka. com

Belum sempat dengar cemilan khas Enrekang, Makassar satu ini? Cemilan ini dapat jadi oleh- oleh yang khas pula unik serta bisa jadi bahkan susah ditemui di wilayah lain tidak hanya Enrekang, Makassar.

Ini merupakan cemilan yang dibuat dari susu sapi yang telah difermentasi. Uniknya lagi, cemilan ini pula dapat jadi lauk pendamping nasi serta pula sambal lho. Penasaran?

15. Kacang Disco Makassar

* sumber: www. indonesiakaya. com

Nyatanya tidak cuma Bali saja yang mempunyai jajanan Kacang Disco. Alasannya, Makassar juga populer akan cemilan Kacang Disco- nya lho. Kacang Disco khas Makassar ini pastinya tidak kalah renyah bila dibanding kacang yang lain.

Apalagi, Kamu pula dapat memilih berbagai macam varian rasa Kacang Disco, mulai dari rasa original hingga dengan rasa yang mempunyai banyak rempah. Pokoknya, kacang ini pula mantap buat dijadikan buah tangan khas Makassar.

Sudahkah Kamu mencatat catatan oleh- oleh khas Makassar yang harus dibeli ini? Makassar mempunyai begitu banyak makanan ataupun barang yang dapat dijadikan selaku oleh- oleh. Kamu dapat memilih sebagian oleh- oleh yang kami rekomendasikan di atas bila mau membeli buah tangan buat orang- orang terdekat.

Dari sekian banyak toko oleh- oleh di Makassar, Toko Cahaya ialah salah satu yang populer. Walaupun bukan toko oleh- oleh 24 jam, tetapi Toko Cahaya buka sampai jam 22. 00 Waktu indonesia tengah(WITA) sehingga Kamu mempunyai banyak waktu buat memilih- milih oleh- oleh.

Nah, apakah ada oleh- oleh dari Makassar yang belum kami review di sini? Bila ada, tulis oleh- oleh dari Makassar yang lain di kolom komentar ya!



Comments

Popular posts from this blog

Metode Mengawali Bisnis Online Dari Nol Sampai Berhasil( Luar biasa Lengkap)

Merintis usaha dari nol sampai dapat mempunyai pelanggan yang loyal, tidaklah perihal yang gampang semacam membalikan telapak tangan. Diperlukan tekad serta keinginan yang kokoh, supaya kita sanggup bertahan di tengah persaingan bisnis yang terus menjadi ketat. Perihal seperti itu yang sudah aku tanamkan pada diri aku sendiri( penulis), kala hendak mengawali bisnis toko mainan( offline) dekat 9 tahun yang kemudian( tahun 2010). Setelah itu pada tahun 2013 aku mulai merintis membuka toko online. Nah pada peluang kali ini, aku mau memberikan pengalaman aku tersebut kepada Kamu seluruhnya. Kala hendak mengawali suatu bisnis online, hendaknya Kamu mengenali terlebih dulu tentang metode, serta metode mengawali bisnis online dari nol( dengan benar). Dengan mengenali perihal tersebut, pasti Kamu hendak bisa mengawali bisnis online tersebut secara lebih baik. Ilustrasi Bisnis Online Apabila Kamu telah sempat memperoleh rujukan yang lumayan( dari internet) tentang metode serta metode mengawali

10 Tempat Spa serta Sauna di Bandung yang Harus Dikunjungi

Bermacam- macam metode dapat dicoba buat membuat badan tetapi relaks sehabis mengerjakan banyak kegiatan tiap hari yang meletihkan, mulai dari rehat di rumah, olahraga hingga melaksanakan kegiatan pengobatan semacam sauna. Di Bandung sendiri ada banyak opsi tempat yang menawarkan bermacam sarana sauna terbaik buat mengembalikan tenaga yang terkuras sehabis bekerja. Sebagian tempat di antara lain semacam yang bakal Portalgunhal bahas dalam postingan di bawah. Buat kalian yang lagi mencari saran tempat sauna di Bandung, ikuti pembahasan berikut ini ya! 1. The Spa Trans Luxury Sumber: gastronomy- aficionado. com Alamat: Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor. 289 Bandung Telepon:+6222- 8734- 8888 Jam Operasional: 06. 00- 23. 00 Harga: Mulai dari Rp415, 000 The Spa ialah sarana terapi yang ditawarkan oleh The Trans Luxury hotel. Terletak di tengah pusat kota Bandung, The Spa muncul dengan bermacam sarana terapi yang bisa membuat badan rileks serta lebih segar. Walaupun lokasinya terletak di dal

5 Tempat Fitness di Jogja Khusus Perempuan yang Harus Dikunjungi

Melindungi kebugaran serta kesehatan badan ialah kebutuhan dasar tiap orang. Tetapi di masa modern semacam saat ini ini, fitnes bukan cuma hanya buat melindungi kesehatan badan saja. Akan tapi, telah jadi style hidup ataupun lifestyle. Tidak heran bila keberadaan tempat fitnes mulai menjamur di bermacam wilayah serta kota- kota besar, salah satunya Yogyakarta . Tiap tempat fitnes umumnya telah sediakan alat- alat spesial, baik itu buat gym, aerobik serta bermacam tipe latihan yang lain. Tetapi mengingat kebutuhan serta kenyamanan tiap orang berbeda- beda maka, tiap tempat fitnes pula umumnya sediakan ketentuan tertentu. Terdapat tempat fitnes umum terdapat pula tempat fitnes khusus perempuan. Selaku seseorang perempuan, terkadang kita merasa tidak aman kala mesti fitness satu ruangan dengan pria. Terlebih bila kalian seseorang perempuan muslim, pastinya kalian bakal lebih bebas serta aman bila ruangannya terpisah. Nah, untuk kalian penduduk Jogja yang lagi mencari tempat fitnes khusus