Skip to main content

Featured Post

Eksplorasi Keelokan serta Ketenangan di Danau yang Menawan yang Terletak di Sukabumi

  Sukabumi , kota yang diketahui hendak keelokan alamnya, menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan lewat pesona serta ketenangan yang terpancar dari danau- danau indahnya. Dari situ yang penuh teka- teki sampai danau- danau yang melegakan jiwa, tiap destinasi mempunyai cerita serta keunikan tertentu. Berikut merupakan sebagian saran danau yang dapat kamu kunjungi; Situ Batu Karut Situ Batu Karut, memiliki sejarah menarik yang tertanam dalam nama serta kehidupan sekitarnya. Konon, kampung ini dinamai Kampung Batu Karut dari legenda tentang batu yang terikat oleh pangkal beringin. Dalam bahasa Sunda, namanya bermakna“ Batu anu dikarut ku pangkal” ataupun“ Batu yang diikat dengan pangkal.” Walaupun batu yang diikat oleh pangkal tersebut telah tidak terdapat lagi, cerita ini senantiasa jadi bagian dari sejarah kampung. Awal mulanya, zona ini cuma berisi rumah- rumah serta tempat penggilingan beras. Tetapi, bersamaan berjalannya waktu, penduduk pindah serta tempat itu bertransformasi jad

10 Santapan Khas Sumatera Utara yang Unik serta Pantas Dicoba

Berdialog tentang sesuatu wilayah memanglah tidak bakal lepas dari santapan khasnya. Salah satu wilayah yang mempunyai bermacam- macam santapan khas yang unik merupakan Sumatera Utara. Provinsi yang khas dengan Danau Toba ini tidak cuma mempunyai panorama alam alam yang indah, namun pula ada beberapa santapan yang menarik buat kalian coba.

Nah, untuk kalian yang bakal berkunjung ke Sumatera Utara ataupun lagi berada di sana, hendaknya jangan sampai melupakan buat mencicipi sebagian santapan khas Sumatera Utara yang pantas dicoba berikut ini.

1. Ikan Mas Naniura

* sumber: cookpad. com

Ingin menikmati sensasi makan ikan yang berbeda dari umumnya? Kalian harus mencoba salah satu santapan khas yang unik dari Sumatera Utara ialah ikan mas naniura. Ikan mas naniura ini disebut pula sashimi ala Batak sebab ialah ikan mas fresh mentah yang disajikan dengan bumbu berwarna kuning.

Meski mentah, kalian tidak perlu takut sebab ikan mas ini tidak akan berbau amis. Sebab tidak melalui proses pematangan sama sekali, ikan mas ini diproses dengan direndam memakai air asam jungga ataupun jeruk purut, sehingga membuat rasanya kuat, harum, gurih, serta pedas.

Kalian pula tidak butuh repot dengan duri dari ikan mas ini sebab duri serta lendirnya telah dibersihkan saat sebelum disajikan. Santapan khas Sumatera Utara yang satu ini sangat sesuai dinikmati dengan nasi putih hangat. Untuk kalian yang tertarik buat mencicipi ikan mas naniura, kalian dapat menemukannya di wilayah Danau Toba, Medan ataupun Pematang Siantar.

2. Arsik

* sumber: traverse. id

Sajian ikan yang lain yang khas dari Sumatera Utara merupakan arsik. Nyaris sama dengan ikan naniura, arsik ialah hidangan ikan mas berbumbu kuning yang pekat serta mempunyai rasa pedas serta asam. Diucap arsik sebab metode memasak ikan tersebut disiram berulang kali sepanjang proses memasak biar bumbunya menyerap serta matang dengan menyeluruh.

Arsik umumnya dimasak secara tradisional memakai tungku kayu bakar dengan api besar biar bumbunya cepat mendidih. Tidak hanya memakai ikan mas, arsik pula memakai ikan mujahir serta ikan nila yang gampang ditemui di Danau Toba. Arsik umumnya dihidangkan buat santapan tiap hari ataupun buat kegiatan tertentu.

Buat mencicipi arsik, kalian dapat mendatangi rumah makan khas Tapanuli. Santapan khas Sumatera Utara yang satu ini umumnya dimasak dikala keadaan ikan masih basah ataupun dimasak sampai kering biar lebih awet. Arsik yang kering biasanya disajikan dengan alas daun pisang buat kegiatan adat.

3. Sayur Gurih Tauco

* sumber: masakan- khas- daerah. blogspot. com

Bila kalian mau menyantap santapan berkuah, Sumatera Utara memiliki sayur gurih tauco. Sekilas sayur ini mirip lontong sayur ataupun gulai yang biasa disajikan dikala Lebaran, namun sayur gurih tauco mempunyai karakteristik khasnya sendiri. Santapan ini ialah perpaduan antara santapan Tiongkok serta santapan khas Sumatera Utara.

Santapan berkuah ini memakai kuah santan yang diberi tauco. Tauco ialah fermentasi kedelai yang banyak digunakan buat masakan khas Sumatera Utara. Sayur ini dilengkapi dengan udang, daging sapi, serta lontong sehingga sesuai dijadikan makan siang yang mengenyangkan.

4. Daun Ubi Tumbuk

* sumber: www. masakandapurku. com

Daun ubi tumbuk ataupun disebut selaku silalat, parcak, serta gule bulu gadung ini merupakan gulai khas yang dibuat dari daun ubi datau daun singkong yang ditumbuk serta disajikan dengan kuah yang khas. Santapan ini berasal dari Mandailing Natal.

Mempunyai aroma yang nikmat serta sangat nikmat dimakan dengan nasi putih hangat. Daun ubi tumbuk mempunyai rasa yang gurih serta pedas yang bakal membuat kita tergugah buat mencicipinya.

5. Mie Gomak

Sajian mie memanglah sesuai buat disajikan dengan bermacam- macam varian, termasuk mie gomak khas Sumatera Utara ini. Bila kalian lagi berkunjung ke wilayah Toba Samosir, kalian harus mencicipi mie gomak ataupun yang disebut selaku spagetinya orang Batak. Dinamakan mie gomak sebab mie ini diaduk dengan tangan.

Sekilas mie gomak mirip dengan mie Aceh tetapi mempunyai ukuran yang lebih besar serta padat. Rasa mie gomak yang pedas asam, serta tekstur mie nya yang kenyal bakal membuat siapa saja tertatik buat menyantapnya. Mie gomak memakai bumbu andaliman khas Sumater Utara serta dimasak dengan tungku biar senantiasa terjaga cita rasa khasnya.

Mie ini terdapat yang berkuah serta terdapat pula yang goreng. Buat mencicipi mie gomak, kalian dapat mendatangi wilayah Siantar, Balige, ataupun Parapet yang dapat dengan gampang kalian temukan di pinggir jalan.

6. Saksang

* sumber: www. masakandapurku. com

Santapan khas Sumatera Utara yang legendaris ini dulu dibuat dari olahan daging anjing, daging babi, ataupun daging kerbau. Saksang ialah santapan istimewa dalam upacara adat khas Batak serta dapat ditemui di kedai santapan tradisional ataupun yang disebut sebagai lapo.

Saksang disajikan dengan kuah serta bumbu yang khas berwarna hitam kecokelatan. Saksang mempunyai rasa yang gurih dari santan serta pedas. Tetapi seiring waktu, pemakaian daging babi ataupun daging anjing ditukar dengan daging sapi serta daging ayam.

7. Bubur Pedas

Bila kalian bosan dengan bubur biasa, untuk kalian yang lagi berada di Sumatera Utara jangan lupa buat mencicipi bubur pedas yang telah terdapat semenjak era kerajaan Melayu. Bubur pedas umumnya dinikmati dikala bulan puasa oleh masyakarat Sumatera Utara.

Bubur yang satu ini mempunyai keunikan ialah memakai daun yang tidak biasa sepeti daun jeruk, daun mengkudu, daun kunyit, sampai daun jambu biji. Daun- daun tersebut dihancurkan serta dicampur ke dalam bubur dikala dimasak.

Mempunyai rasa yang gurih serta pedas ialah hasil perpaduan kuah santan serta bumbu khas dari bubur pedas.

Bubur pedas umumnya dimasak dengan tungku tradisional serta panci yang besar. Bubur pedas ini pula dapat menghangat badan lho!

8. Manuk Napinadar

* sumber: dapurmamakita. blogspot. com

Manuk napinadar merupakan olahan daging ayam panggang yang disajikan dengan bumbu serta sambal khasnya. Nama“ Manuk” berarti ayam kampung sebaliknya“ Napinadar” berarti dipanggang. Tidak hanya santapan yang sudah disebutkan lebih dahulu, santapan khas Sumatera Utara yang satu ini pula ialah sajian buat acara adat.

Pengolahan manuk napinadar ini lumayan lama sebab wajib dipanggang dulu serta disiram dengan saus darah ayam. Umumnya santapan ini dihidangkan dikala tahun baru serta dinikmati dengan nasi pollong.

9. Bika Ambon

* sumber: sajiansedap. grid. id

Meski nama belakangnya ambon, bika ambon merupakan salah satu santapan khas Sumatera Utara. Kue yang biasanya bercorak kuning ini memiliki mempunyai rasa manis serta tekstur kuenya yang legit serta lembut. Aromanya juga harum khas dengan aroma pandan.

Untuk kalian yang sempat berkunjung ke Sumatera Utara tepatnya di Medan tentu tidak lengkap rasanya bila tidak bawa bika ambon selaku oleh- oleh. Saat ini, bika ambon telah mempunyai variasi rasa mulai dari keju, durian, serta cokelat.

10. Kolak Durian

* sumber: www. makanajib. com

Bila umumnya kalian sempat makan kolak pisang ataupun kolak candil buat hidangan berbuka puasa, berbeda dengan kolak khas Sumatera Utara yang satu ini ialah kolak durian. Pecinta durian harus banget nih mencicipi kolak durian bila lagi berkunjung ke Medan sebab di wilayah Medan buah durian lumayan melimpah sampai dijadikan selaku kolak.

Satu mangkuk kolak durian dilengkapi dengan pisang, jagung manis, ketan putih, gula aren, serta kuah santan. Pasti saja perpaduan tersebut mencipatakan rasa manis yang kokoh. Kolak durian ini fresh serta terasa lumer di mulut, sesuai banget dijadikan selaku penganjal lapar.

Seperti itu sebagian santapan khas Sumatera Utara yang jangan hingga dilewatkan bila berkunjung kesana. Sebagian besar makanan- makanan tersebut gampang ditemui di pinggir jalan, sehingga kalian tidak bingung dengan tempat penjual makanan- makanan tersebut. Nah, untuk kalian yang tahu tentang santapan khas Sumatera Utara yang lain, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.


Comments

Popular posts from this blog

Metode Mengawali Bisnis Online Dari Nol Sampai Berhasil( Luar biasa Lengkap)

Merintis usaha dari nol sampai dapat mempunyai pelanggan yang loyal, tidaklah perihal yang gampang semacam membalikan telapak tangan. Diperlukan tekad serta keinginan yang kokoh, supaya kita sanggup bertahan di tengah persaingan bisnis yang terus menjadi ketat. Perihal seperti itu yang sudah aku tanamkan pada diri aku sendiri( penulis), kala hendak mengawali bisnis toko mainan( offline) dekat 9 tahun yang kemudian( tahun 2010). Setelah itu pada tahun 2013 aku mulai merintis membuka toko online. Nah pada peluang kali ini, aku mau memberikan pengalaman aku tersebut kepada Kamu seluruhnya. Kala hendak mengawali suatu bisnis online, hendaknya Kamu mengenali terlebih dulu tentang metode, serta metode mengawali bisnis online dari nol( dengan benar). Dengan mengenali perihal tersebut, pasti Kamu hendak bisa mengawali bisnis online tersebut secara lebih baik. Ilustrasi Bisnis Online Apabila Kamu telah sempat memperoleh rujukan yang lumayan( dari internet) tentang metode serta metode mengawali

10 Tempat Spa serta Sauna di Bandung yang Harus Dikunjungi

Bermacam- macam metode dapat dicoba buat membuat badan tetapi relaks sehabis mengerjakan banyak kegiatan tiap hari yang meletihkan, mulai dari rehat di rumah, olahraga hingga melaksanakan kegiatan pengobatan semacam sauna. Di Bandung sendiri ada banyak opsi tempat yang menawarkan bermacam sarana sauna terbaik buat mengembalikan tenaga yang terkuras sehabis bekerja. Sebagian tempat di antara lain semacam yang bakal Portalgunhal bahas dalam postingan di bawah. Buat kalian yang lagi mencari saran tempat sauna di Bandung, ikuti pembahasan berikut ini ya! 1. The Spa Trans Luxury Sumber: gastronomy- aficionado. com Alamat: Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor. 289 Bandung Telepon:+6222- 8734- 8888 Jam Operasional: 06. 00- 23. 00 Harga: Mulai dari Rp415, 000 The Spa ialah sarana terapi yang ditawarkan oleh The Trans Luxury hotel. Terletak di tengah pusat kota Bandung, The Spa muncul dengan bermacam sarana terapi yang bisa membuat badan rileks serta lebih segar. Walaupun lokasinya terletak di dal

5 Tempat Fitness di Jogja Khusus Perempuan yang Harus Dikunjungi

Melindungi kebugaran serta kesehatan badan ialah kebutuhan dasar tiap orang. Tetapi di masa modern semacam saat ini ini, fitnes bukan cuma hanya buat melindungi kesehatan badan saja. Akan tapi, telah jadi style hidup ataupun lifestyle. Tidak heran bila keberadaan tempat fitnes mulai menjamur di bermacam wilayah serta kota- kota besar, salah satunya Yogyakarta . Tiap tempat fitnes umumnya telah sediakan alat- alat spesial, baik itu buat gym, aerobik serta bermacam tipe latihan yang lain. Tetapi mengingat kebutuhan serta kenyamanan tiap orang berbeda- beda maka, tiap tempat fitnes pula umumnya sediakan ketentuan tertentu. Terdapat tempat fitnes umum terdapat pula tempat fitnes khusus perempuan. Selaku seseorang perempuan, terkadang kita merasa tidak aman kala mesti fitness satu ruangan dengan pria. Terlebih bila kalian seseorang perempuan muslim, pastinya kalian bakal lebih bebas serta aman bila ruangannya terpisah. Nah, untuk kalian penduduk Jogja yang lagi mencari tempat fitnes khusus