Skip to main content

Featured Post

Eksplorasi Keelokan serta Ketenangan di Danau yang Menawan yang Terletak di Sukabumi

  Sukabumi , kota yang diketahui hendak keelokan alamnya, menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan lewat pesona serta ketenangan yang terpancar dari danau- danau indahnya. Dari situ yang penuh teka- teki sampai danau- danau yang melegakan jiwa, tiap destinasi mempunyai cerita serta keunikan tertentu. Berikut merupakan sebagian saran danau yang dapat kamu kunjungi; Situ Batu Karut Situ Batu Karut, memiliki sejarah menarik yang tertanam dalam nama serta kehidupan sekitarnya. Konon, kampung ini dinamai Kampung Batu Karut dari legenda tentang batu yang terikat oleh pangkal beringin. Dalam bahasa Sunda, namanya bermakna“ Batu anu dikarut ku pangkal” ataupun“ Batu yang diikat dengan pangkal.” Walaupun batu yang diikat oleh pangkal tersebut telah tidak terdapat lagi, cerita ini senantiasa jadi bagian dari sejarah kampung. Awal mulanya, zona ini cuma berisi rumah- rumah serta tempat penggilingan beras. Tetapi, bersamaan berjalannya waktu, penduduk pindah serta tempat itu bertransformasi jad

10 Santapan Khas Batak yang Dipastikan Dapat Membuat Ketagihan

Setiap kali berangkat liburan ke sesuatu tempat, tidak hanya pastinya menikmati tempat wisata yang didatangi, mencicipi santapan khas wilayah tersebut pula jadi kegiatan wajib. Rasanya tidak lengkap bila tidak berupaya kuliner khas di tempat wisata tersebut.

Begitu pula bila berkunjung ke wilayah Sumatera Utara yang populer dengan Danau Toba serta Pulau Samosirnya, tentu kalian mau coba kulinernya. Sumatera Utara yang populer dengan suku Bataknya, tidak hanya mempunyai wisata alam yang indah, provinsi ini pula mempunyai santapan khas yang menarik buat dicicipi.

Sebagian santapan ini begitu menggoda buat dicoba. Jika kalian memiliki rencana buat mendatangi wilayah Sumatera Utara dikala libur nanti, cobalah pula santapan khasnya. Berikut ini 10 santapan khas batak yang lezat serta buat ketagihan.

1. Tipatipa

Penyuka sereal, jangan lewati sereal ala suku batak yang bernama tipa- tipa. Santapan ringan ini umumnya dihidangkan selaku teman minum kopi ataupun teh. Terbuat dari olahan padi yang telah tua membuat tipa- tipa mempunyai isi karbohidrat semacam halnya beras.

Metode pembuatan tipa- tipa diawali dengan merendam padi terlebih dulu sepanjang 2 hari memakai air bersih. Berakhir direndam, setelah itu padi dibersihkan hingga terpilih padi yang memiliki isi yang sempurna. Berikutnya padi tersebut disangrai dalam kuali sampai bercorak kecokelatan.

Dikala padi dalam kondisi masih panas setelah itu padi ditumbuk sehingga buliran beras dalam padi jadi pipih. Sehabis itu beras ditumbuk serta ditampi sampai kulit beras serta beras terpisah. Barulah setelah itu tipa- tipa dapat dicicipi. Rasa tipa- tipa mirip dengan rengginang yang biasa ditemui di Jawa Barat.

2. Mie Gomak

Penggemar mie, kalian wajib mencoba mie khas batak yang satu ini. Namanya mie gomak. Mie ini terbuat dari mie yang biasa disebut mie besar oleh orang- orang Batak. Nama gomak berasal dari proses pembuatannya yang dicoba dengan digomak- gomak ataupun digenggam.

Metode penyajian kuliner khas batak ini lumayan unik, ialah dengan digenggam langsung mengenakan tangan kala menyajikan mie pada wadah. Mie setelah itu disiram dengan kuah pula sambal yang telah diolah dengan ditambahkan bumbu khas batak. Salah satu bumbu yang sangat populer merupakan andaliman.

3. Ikan Arsik

Ikan Arsik ataupun ikan Mas Na Narsik ialah kuliner tradisional khas Toba yang kaya akan rempah serta bumbu. Makna kata Na Niarsik sendiri merupakan di- marsik- kan ataupun dikeringkan. Jadi ikan Arsik merupakan ikan yang dimasak secara selalu sampai kuahnya kering serta meresap ke ikan.

Bila proses pembuatan Na Niarsik dicoba dengan benar, hidangan tersebut dapat bertahan hingga 2 hari serta tidak jadi basi. Na Niarsik ialah hidangan yang jadi bagian berarti dari adat Batak yang memiliki cerita dimulai dari kelahiran, pernikahan, hingga wafat.

Bumbu Na Niarsik sangat bermacam- macam macamnya. Ada 16 tipe bumbu yang digunakan mulai dari andaliman, bawang Batak sampai bunga kecombrang. Tidak hanya ikan mas, buat membuat arsik, ikan kakap, kembung, ataupun apalagi daging pula dapat digunakan selaku bahan alternatif.

4. Naniura

Dalam bahasa Batak kata naniura berarti ikan yang tidak dimasak dengan memakai api tetapi baik serta senantiasa lezat dimakan. Naniura ialah kuliner khas suku Batak yang biasanya ditemui di wilayah Toba. Sekilas naniura ini mirip dengan sushi asal Jepang ataupun Ceviche dari negeri Peru.

Yang membedakan merupakan ceviche dihidangkan dengan ditambahkan irisan bawang merah ukuran besar di atasnya sebaliknya naniura disiram oleh bumbu halus yang bercorak kuning. Era dahulu naniura cuma disajikan buat raja- raja Batak, tetapi saat ini kuliner ini dapat dinikmati oleh siapa saja.

Proses pembuatannya diawali dengan mensterilkan ikan mas dari lendir serta durinya. Ikan setelah itu dimatangkan dengan metode direndam dalam air asam jungga ataupun dapat pula jeruk purut. Dengan diproses semacam ini, protein pada ikan mas tersebut bakal senantiasa utuh sebab tidak dimasak memakai api.

Ikan mas dianggap siap buat dimakan bila daging ikan tekturnya telah berubah jadi kenyal serta mudah buat disobek. Ikan setelah itu disiram oleh bumbu yang terdiri dari 10 ragam bumbu termasuk kecombrang serta andaliman.

5. Dali Ni Horbo

Dali Ni Horbo ialah susu kerbau yang diproses secara tradisional. Kuliner ini banyak ditemukan di wilayah batak. Tidak beda dari mayoritas susu yang lain, susu ini pula memiliki lemak, protein, serta karbohidrat. Yang membedakannya merupakan susu ini diolah tanpa memakai bahan kimia.

Proses pembuatan dali ni horbo ini tidak begitu sulit. Diawali dengan memasai susu kerbau cair dalam wadah yang ditaruh di atas api kecil sampai susu tidak sangat panas. Setelah itu susu ditambahkan sedikit garam.

Dikala susu sudah mendidih serta akhirnya mengental, kemudian ditambahkanlah perasan air daun papaya hingga susu kerbau itu jadi kental semacam tahu. Dali ni horbo ini bakal terasa lebih nikmat bila dimasak semacam metode memasak arsik. Susu bakal lebih beraroma serta terasa nikmat.

6. Sira Pege

* sumber: makananankhasdaerah. blogspot. com

Bisa jadi kalian bakal sedikit sulit buat menemukan kuliner batak yang satu ini. Sira pege yang ialah santapan khas Batak sebetulnya merupakan kuliner yang sangat gampang pula simpel pembuatannya.

Dulu Sira pege ialah menu harus dikala komsumsi ikan yang disajikan mentah. Tidak beda jauh dari sushi yang ialah santapan khas Jepang. Metode menyantap sira pege merupakan dengan memakan ikan terlebih dahulu baru disusul dengan sira pegenya. Makna kata sira pege merupakan garam serta jahe.

Walaupun maksudnya garam serta jahe tetapi bahan lain pula digunakan dalam sira pege, semacam cabai, bawang merah pula bawang putih. Dikala ini sira pege banyak terbuat dengan metode dicampurkan langsung pada ikan mentah yang dipotong- potong kecil kemudian disiram asam cuka supaya ikan matang dengan cepat.

7. Daun Ubi Tumbuk

Daun ubi tumpuk ialah menu sayur kesukaan yang banyak dijumpadi di rumah makan batak. Katanya daun ubi merupakan tipe sayur yang sangat gampang didapatkan sebab lumayan dengan menanamkan kayunya hingga tunas daun ubi bakal bermunculan.

Kuliner ini metode buatnya tidak begitu sulit. Diawali dengan menumbuk daun ubi ditambahkan bawang merah, cabe, bawang putih pula buah rimbang. Buah rimbang inilah yang jadi karakteristik khas masakan daun ubi khas Batak.

Buah tersebut terasa lebih lezat dimasak dibanding bila dimakan langsung. Tumbuk buah rimbang serta bumbu lain bersama dengan daun ubi serta tambahkan 1 sampai 2 batang serai. Seluruh bahan setelah itu direbus kemudian setelah nyaris matang diberi kombinasi santan.

8. Daun Ubi Jantung Pisang

* sumber: indonesian- medan- food. blogspot. com

Berikutnya merupakan olahan daun ubi yang dicampur dengan bagian pohon pisang ialah jantung pisang. Jantung pisang telah diketahui selaku bahan santapan yang kerap terbuat jadi sayur sebab memiliki tekstur yang renyah serta aroma yang khas.

Sama semacam sayur daun ubi tumbuk, masakan daun ubi jantung pisang senantiasa mengenakan bahan tumbukan daun ubi. Kali ini tumbukan daun ubi dicampur dengan cincangan jantung pisang. Setelah seluruhnya tercampur barulah diberi bumbu semacam bawang putih, bawang merah, bunga kincung, serai dan bumbu bawah yang lain. Kombinasi tersebut kemudian ditumis hingga matang.

9. Sambal Tuktuk

Sambal Tuktuk merupakan salah satu kuliner khas Sumatera Utara yang berasal dari wilayah Tapanuli. Di tempat asalnya, sambal tuktuk umumnya dicampur dengan ikan aso- aso, ialah sejenis ikan kembung yang sudah lewat proses pengeringan. Dapat pula ditukar dengan ikan teri tawar bila tidak terdapat ikan tersebut.

Tidak beda dari metode pembuatan sambal pada biasanya tetapi ada pembeda ialah terdapatnya andaliman. Dengan ditambahkan andaliman rasanya jadi berbeda. Bahan yang lain merupakan bawang serta kemiri. Buat bawang supaya harum dapat disangrai terlebih dulu.

Seluruh bahan tersebut setelah itu dihaluskan serta ditambahkan suwiran ikan. Bahan lain yang ditambahkan merupakan jeruk nipis, garam pula penyedap rasa biar semakin lezat.

10. Itak Gurgur

Itak gurgur ialah kuliner tradisional khas Batak. Santapan ini umumnya dihidangkan pada kegiatan adat Batak tertentu. Rasanya manis serta gurih semacam kue lapet, kue khas batak yang lain. Tetapi, pembuatan itak gurgur tidak sama dengan pembuatan lapet.

Itak gurgur metode pembuatannya lumayan simpel, ialah dengan membuat adonan itak, ialah kelapa muda yng telah diparut, kemudian gula pasir ditambah sedikit air panas. Sesudahnya dicampur rata kemudian adonan dikepal- kepal dengan memakai tangan semacam muat mendo di Jawa.

Sehabis berakhir dicetak, adonan itak gurgur itu setelah itu dikukus sebentar sampai nampak kering. Bila telah kering baru dapat disajikan. Selaku informasi, gurgur maksudnya membara. Pemberi itak gurgur berharap orang yang komsumsi santapan tersebut hendak memiliki semangat yang membara.

10 tipe santapan khas batak tadi layak buat kalian coba bila berkunjung ke wilayah Sumatera Utara. Jadi sembari jalan- jalan menikmati alam, kalian juga dapat menikmati kuliner setempat. Bisa jadi sepulang dari liburan kalian berminat buat membuatnya di rumah. Tertarik buat mencoba?


Comments

Popular posts from this blog

Metode Mengawali Bisnis Online Dari Nol Sampai Berhasil( Luar biasa Lengkap)

Merintis usaha dari nol sampai dapat mempunyai pelanggan yang loyal, tidaklah perihal yang gampang semacam membalikan telapak tangan. Diperlukan tekad serta keinginan yang kokoh, supaya kita sanggup bertahan di tengah persaingan bisnis yang terus menjadi ketat. Perihal seperti itu yang sudah aku tanamkan pada diri aku sendiri( penulis), kala hendak mengawali bisnis toko mainan( offline) dekat 9 tahun yang kemudian( tahun 2010). Setelah itu pada tahun 2013 aku mulai merintis membuka toko online. Nah pada peluang kali ini, aku mau memberikan pengalaman aku tersebut kepada Kamu seluruhnya. Kala hendak mengawali suatu bisnis online, hendaknya Kamu mengenali terlebih dulu tentang metode, serta metode mengawali bisnis online dari nol( dengan benar). Dengan mengenali perihal tersebut, pasti Kamu hendak bisa mengawali bisnis online tersebut secara lebih baik. Ilustrasi Bisnis Online Apabila Kamu telah sempat memperoleh rujukan yang lumayan( dari internet) tentang metode serta metode mengawali

10 Tempat Spa serta Sauna di Bandung yang Harus Dikunjungi

Bermacam- macam metode dapat dicoba buat membuat badan tetapi relaks sehabis mengerjakan banyak kegiatan tiap hari yang meletihkan, mulai dari rehat di rumah, olahraga hingga melaksanakan kegiatan pengobatan semacam sauna. Di Bandung sendiri ada banyak opsi tempat yang menawarkan bermacam sarana sauna terbaik buat mengembalikan tenaga yang terkuras sehabis bekerja. Sebagian tempat di antara lain semacam yang bakal Portalgunhal bahas dalam postingan di bawah. Buat kalian yang lagi mencari saran tempat sauna di Bandung, ikuti pembahasan berikut ini ya! 1. The Spa Trans Luxury Sumber: gastronomy- aficionado. com Alamat: Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor. 289 Bandung Telepon:+6222- 8734- 8888 Jam Operasional: 06. 00- 23. 00 Harga: Mulai dari Rp415, 000 The Spa ialah sarana terapi yang ditawarkan oleh The Trans Luxury hotel. Terletak di tengah pusat kota Bandung, The Spa muncul dengan bermacam sarana terapi yang bisa membuat badan rileks serta lebih segar. Walaupun lokasinya terletak di dal

5 Tempat Fitness di Jogja Khusus Perempuan yang Harus Dikunjungi

Melindungi kebugaran serta kesehatan badan ialah kebutuhan dasar tiap orang. Tetapi di masa modern semacam saat ini ini, fitnes bukan cuma hanya buat melindungi kesehatan badan saja. Akan tapi, telah jadi style hidup ataupun lifestyle. Tidak heran bila keberadaan tempat fitnes mulai menjamur di bermacam wilayah serta kota- kota besar, salah satunya Yogyakarta . Tiap tempat fitnes umumnya telah sediakan alat- alat spesial, baik itu buat gym, aerobik serta bermacam tipe latihan yang lain. Tetapi mengingat kebutuhan serta kenyamanan tiap orang berbeda- beda maka, tiap tempat fitnes pula umumnya sediakan ketentuan tertentu. Terdapat tempat fitnes umum terdapat pula tempat fitnes khusus perempuan. Selaku seseorang perempuan, terkadang kita merasa tidak aman kala mesti fitness satu ruangan dengan pria. Terlebih bila kalian seseorang perempuan muslim, pastinya kalian bakal lebih bebas serta aman bila ruangannya terpisah. Nah, untuk kalian penduduk Jogja yang lagi mencari tempat fitnes khusus