Skip to main content

Featured Post

Eksplorasi Keelokan serta Ketenangan di Danau yang Menawan yang Terletak di Sukabumi

  Sukabumi , kota yang diketahui hendak keelokan alamnya, menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan lewat pesona serta ketenangan yang terpancar dari danau- danau indahnya. Dari situ yang penuh teka- teki sampai danau- danau yang melegakan jiwa, tiap destinasi mempunyai cerita serta keunikan tertentu. Berikut merupakan sebagian saran danau yang dapat kamu kunjungi; Situ Batu Karut Situ Batu Karut, memiliki sejarah menarik yang tertanam dalam nama serta kehidupan sekitarnya. Konon, kampung ini dinamai Kampung Batu Karut dari legenda tentang batu yang terikat oleh pangkal beringin. Dalam bahasa Sunda, namanya bermakna“ Batu anu dikarut ku pangkal” ataupun“ Batu yang diikat dengan pangkal.” Walaupun batu yang diikat oleh pangkal tersebut telah tidak terdapat lagi, cerita ini senantiasa jadi bagian dari sejarah kampung. Awal mulanya, zona ini cuma berisi rumah- rumah serta tempat penggilingan beras. Tetapi, bersamaan berjalannya waktu, penduduk pindah serta tempat itu bertransformasi jad

10 Baju Adat Sumatera Utara yang Unik serta Beragam

Salah satu provinsi di Pulau Sumatera merupakan Provinsi Sumatera Utara. Provinsi ini jumlah penduduknya paling banyak keempat di Indonesia. Tidak hanya itu, daerah Sumatera Utara ditempati oleh bermacam- macam suku, semacam Suku Batak Karo, Toba, Nias, Mandailing, Pakpak, Melayu, Simalungun, dan suku pendatang, semacam Tionghoa, India, serta Arab sehingga baju adat Sumatera Utara juga bermacam- macam.

Kalian tertarik buat tahu baju adat yang digunakan suku- suku Batak di Sumatera utara? Berikut ini merupakan 10 baju adat yang dikenakan oleh suku Batak yang mendiami Provinsi Sumatera Utara.

1. Baju Adat Suku Nias

Sempat memandang orang dari suku Nias? Suku Nias populer dengan lompat batunya. Semacam namanya, suku ini hidup di Pulau Nias yang terletak di bagian barat Sumatera Utara. Dibanding dengan suku- suku lain di Sumatera Utara, suku nias mempunyai baju adat Sumatera Utara yang agak berbeda.

Baru Oholu ialah baju adat warga suku Nias yang dipakai oleh laki- laki. Kebalikannya, oroba si oli ialah baju yang dikenakan oleh wanita. Meski keduanya mempunyai nama yang berbeda, tetapi baik baru oholu ataupun oroba si oli bersama mengenakan perpaduan warna emas.

Dapat dibilang dibandingkan dengan warna yang lain warna emas ini lebih mendominasi. Tidak hanya nama baju yang berbeda, hiasan kepala yang dikenakan pula sangat berbeda. Hiasan kepala wanita lebih simpel dibanding dengan pria sebab tidak butuh banyak pernak- pernik rumit.

2. Baju Adat Suku Mandailing

Terdapat pula suku batak yang lain yang pula mempunyai baju adat khas, ialah suku Mandailing. Suku ini mendiami wilayah Tapanuli Selatan, Padang Lawas, serta Mandailing. Suku Mandailing mempunyai baju adat yang nyaris sama dengan baju adat suku Batak Toba.

Baju adat suku Mandailing mengenakan ulos yang berpadu dengan pernak- pernik yang lain. Pada kegiatan pernikahan, pengantin wanita menggunakan bulang ataupun mahkota di keningnya. Biasanya bulang berbahan bawah emas, tetapi dikala ini orang banyak membuat bulang dari emas sepuhan ataupun logam.

Makna bulang dalam adat batak Mandailing ialah selaku lambang kemuliaan. Tidak hanya itu, nyatanya bulang pula ialah simbol struktur kemasyarakatan. Tidak cuma wanita, pengantin pria pula mengenakan penutup kepala khas suku Mandailing yang bernama ampu.

Ampu yang ialah bagian dari baju adat Sumatera Utara ini zaman dahulu dikenakan oleh para raja Mandailing dan Angkola. Terdapat guna magis dalam warna gelap pada ampu. Sedangkan itu, warna emas pada ampu melambangan simbol kebesaran.

3. Baju Adat Suku Toba

Satu di antara suku- suku di Sumatera Utara yang menempati zona sekitar Danau Toba merupakan suku Batak Toba. Tiap harinya baju adat sumatera utara Batak Toba berbentuk kain tenun yang diketahui luas dengan nama ulos.

Kain ulos memanglah telah jadi karakteristik khas suku Batak. Apalagi secara nasional ulos telah jadi bagian dari baju adat Sumatera Utara. Pembuatan kain ulos umumnya dicoba secara khusus memakai perlengkapan tradisional serta benang sutra dengan metode ditenun. Warna benang yang dipakai pada pembuatan ulos, di antaranya, hitam, putih, merah, perak, serta emas.

Tidak cuma dikenakan dikala upacara adat, ulos pula dipakai di kehidupan tiap hari. Hande- hande merupakan ulos buat baju bagian atas yang dikenakan pria. Sedangkan bagian bawahnya disebut singkot. Ulos pula dipakai buat menutupi kepala yang dinamakan bulang- bulang, tali- tali ataupun detar.

Ulos sendiri sesungguhnya terdapat sebagian tipe. Bersumber pada coraknya, ulos terdiri dari Ulos Antakantak, Ulos Bintang Maratur, Ulos Lobo- lobo dan yang yang lain. Masing- masing tipe ulos memiliki filosopi yang bermacam- macam. Ulos yang dikenakan di kegiatan adat Batak umumnya Ulos Ragihotang, Jugjaragidup, Sadum, pula Runjat.

4. Baju Adat Suku Karo

Orang dari suku Batak Karo mengenakan baju adat Sumatera Utara yang nyaris mirip dengan baju adat yang dipakai oleh suku terdapat lain yang terdapat di Sumatera Utara. Buat membuat baju adat ini digunakan kain yang digunakan berupa pintalan kapas yang biasanya dinamakan Uis Gara.

Baju ini merupakaian baju yang dipakai di keseharian selaku penutup badan. Makna dari Uis Gara sendiri merupakan kain merah. Kain ini ialah hasil tenunan yang memakai benang warna merah. Setelah itu benang tersebut dipadukan dengan benang lain yang bercorak hitam ataupun pula putih.

Tidak ketinggalan terdapat pula tambahan sematan motif yang terbuat dari benang emas ataupun perak. Hasil dari perpaduan warna antara merah serta hitam yang pula diselingi oleh benang emas ataupun perak menghasilkan suatu baju yang elok.

5. Baju Adat Suku Melayu

Suku Melayu hidup tersebar di daerah Pulau Sumatera. Di Provinsi Sumatera Utara, suku ini biasanya tinggal di Kota Medan, Tebing Tinggi, Langkat, Batu Bara, Deli Serdang, Binjai serta Bedagai.

Baju adat Sumatera Utara suku Melayu menggunakan pakaian kurung yang dipadu dengan kain songket. Pakaian kurung yang dikenakan khusus buat para wanita dibuat dari kain brokat maupun sutra. Sematan peniti dari emas ditambahkan buat membuat cantik penampilan.

Para wanita dari suku Melayu pula menggunakan kalung bermotif sekar sukun, rantai serati, tanggang, mentimun, dan motif yang lain. Sebaliknya laki- lakinya menggunakan pernak- pernik berbentuk penutup kepala yang bernama Tengkulok. Penutup kepala ini terbuat dari songket.

Makna dari penutup kepala itu melambangkan kebesaran serta kegagahan laki- laki. Penutup kepala yang lain disebut Destar yang berbahan rotan setelah itu dibalut mengenakan kain beludru. Tambahan pernak- pernik lain yang dikenakan pria merupakan kilat bahu ataupun lengas, hiasan rantai, serta sidat.

6. Baju Adat Suku Pakpak

Suku Pakpak menempati wilayah Kabupaten Pakpak Barat dan Kabupaten Dairi. Semacam halnya suku- suku yang terdapat di Sumatera utara, suku Pakpak pula memiliki baju adat Sumatera Utara. Baju adat ini dipakai kala upacara adat maupun baju tiap hari.

Kain oleh digunakan buat membuat baju adat suku Pakpak. Kain tersebut ialah hasil tenunan dari suku tersebut. Tidak cuma Oles, baju suku adat Pakpak pula dilengkapi dengan bermacam- macam pernak- pernik mahal yang umumnya berupa kalung emas yang dihiasi permata.

Nama baju laki- laki suku Batak Pakpak merupakan borgot. Sebaliknya Cimata ialah baju adat suku Batak Pakpak yang dikenakan oleh wanita. Warna yang mendominasi baju adat ini merupakan warna hitam yang dipadukan dengan warna perak.

7. Baju Adat Suku Simalungun

Suku Simalungun semacam halnya suku lain di Sumatera Utara pula umumnya mendiami wilayah Simalungun.

Sama halnya dengan suku batak lainya, baju adat Sumatera Utara suku Simalungun pula menggunakan ulos. Tetapi penduduk suku ini menyebut ulos dengan nama Hiou. Umumnya ulos dikenakan berbarengan dengan pernak- pernik baju yang lain, semacam bulang serta gotong.

Pernak- pernik lain yang dikenakan bersama baju adat Simalungun merupakan suri- suri, ialah kain samping buat pelengkapnya.

8. Baju Adat Suku Sibolga

Suku Sibolga ialah salah satu suku di Sumatera Utara yang mempunyai keunikan adat serta budaya yang istimewa. Budaya yang dipunyai oleh suku ini ialah perpaduan antara tradisi Batak serta Melayu. Perpaduan budaya ini pula mempengaruhi kepada tipe baju tradisional yang dimilikinya.

Nama lain dari suku Sibolga merupakan Batak Pasisi. Umumnya pemakaian baju adat suku Sibolga dibarengi oleh pemakaian banyak pernak- pernik meriah yang nampak glamor. Kain ulos serta kain uis gara ialah bahan buat baju adat suku Sibolga.

9. Baju Adat Suku Samosir

Salah satu suku Batak yang tinggal di daerah Pulau Samosir merupakan suku Batak Samosir. Dahulu suku ini masih bergabung dengan suku Batak Toba saat sebelum akhirnya terdapat pembagian daerah. Seperti itu sebabnya kenapa baju adat yang digunakan suku ini asalnya dari suku Batak Toba.

Dikala ini kedua suku ini sudah berpisah jadi 2 suku yang berbeda yang menyebabkan terdapatnya sedikit perbandingan pada baju adatnya, spesialnya dilihat dari warna baju. Hiasan di bagian kepala bentuknya mirip dengan hiasan yang dikenakan oleh suku lain.

10. Baju Adat Suku Angkola

Baju adat Sumatera Utara dari suku Angkola turut menyumbangkan pada keragaman budaya suku tersebut. Warga suku ini mendiami daerah Tapanuli Selatan yang ialah wilayah yang jadi tempat tumbuh kembangnya suku ini.

Angkola sendiri merupakan nama suatu sungai nama suatu sungai yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan, ialah sungai Batang Angkola. Nama sungai ini setelah itu dipakai selaku nama suatu suku. Suku ini pula mengenakan ulos selaku bahan bawah pakaiannya, semacam suku Batak yang lain.

Untuk kalian yang bukan berasal dari suku Batak, data ini dapat jadi tambahan pengetahuan menimpa pakaian- pakaian adat yang terdapat di Indonesia. Jika baju adat dari sukumu dinamakan apa?


Comments

Popular posts from this blog

Metode Mengawali Bisnis Online Dari Nol Sampai Berhasil( Luar biasa Lengkap)

Merintis usaha dari nol sampai dapat mempunyai pelanggan yang loyal, tidaklah perihal yang gampang semacam membalikan telapak tangan. Diperlukan tekad serta keinginan yang kokoh, supaya kita sanggup bertahan di tengah persaingan bisnis yang terus menjadi ketat. Perihal seperti itu yang sudah aku tanamkan pada diri aku sendiri( penulis), kala hendak mengawali bisnis toko mainan( offline) dekat 9 tahun yang kemudian( tahun 2010). Setelah itu pada tahun 2013 aku mulai merintis membuka toko online. Nah pada peluang kali ini, aku mau memberikan pengalaman aku tersebut kepada Kamu seluruhnya. Kala hendak mengawali suatu bisnis online, hendaknya Kamu mengenali terlebih dulu tentang metode, serta metode mengawali bisnis online dari nol( dengan benar). Dengan mengenali perihal tersebut, pasti Kamu hendak bisa mengawali bisnis online tersebut secara lebih baik. Ilustrasi Bisnis Online Apabila Kamu telah sempat memperoleh rujukan yang lumayan( dari internet) tentang metode serta metode mengawali

10 Tempat Spa serta Sauna di Bandung yang Harus Dikunjungi

Bermacam- macam metode dapat dicoba buat membuat badan tetapi relaks sehabis mengerjakan banyak kegiatan tiap hari yang meletihkan, mulai dari rehat di rumah, olahraga hingga melaksanakan kegiatan pengobatan semacam sauna. Di Bandung sendiri ada banyak opsi tempat yang menawarkan bermacam sarana sauna terbaik buat mengembalikan tenaga yang terkuras sehabis bekerja. Sebagian tempat di antara lain semacam yang bakal Portalgunhal bahas dalam postingan di bawah. Buat kalian yang lagi mencari saran tempat sauna di Bandung, ikuti pembahasan berikut ini ya! 1. The Spa Trans Luxury Sumber: gastronomy- aficionado. com Alamat: Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor. 289 Bandung Telepon:+6222- 8734- 8888 Jam Operasional: 06. 00- 23. 00 Harga: Mulai dari Rp415, 000 The Spa ialah sarana terapi yang ditawarkan oleh The Trans Luxury hotel. Terletak di tengah pusat kota Bandung, The Spa muncul dengan bermacam sarana terapi yang bisa membuat badan rileks serta lebih segar. Walaupun lokasinya terletak di dal

5 Tempat Fitness di Jogja Khusus Perempuan yang Harus Dikunjungi

Melindungi kebugaran serta kesehatan badan ialah kebutuhan dasar tiap orang. Tetapi di masa modern semacam saat ini ini, fitnes bukan cuma hanya buat melindungi kesehatan badan saja. Akan tapi, telah jadi style hidup ataupun lifestyle. Tidak heran bila keberadaan tempat fitnes mulai menjamur di bermacam wilayah serta kota- kota besar, salah satunya Yogyakarta . Tiap tempat fitnes umumnya telah sediakan alat- alat spesial, baik itu buat gym, aerobik serta bermacam tipe latihan yang lain. Tetapi mengingat kebutuhan serta kenyamanan tiap orang berbeda- beda maka, tiap tempat fitnes pula umumnya sediakan ketentuan tertentu. Terdapat tempat fitnes umum terdapat pula tempat fitnes khusus perempuan. Selaku seseorang perempuan, terkadang kita merasa tidak aman kala mesti fitness satu ruangan dengan pria. Terlebih bila kalian seseorang perempuan muslim, pastinya kalian bakal lebih bebas serta aman bila ruangannya terpisah. Nah, untuk kalian penduduk Jogja yang lagi mencari tempat fitnes khusus