Skip to main content

Featured Post

Eksplorasi Keelokan serta Ketenangan di Danau yang Menawan yang Terletak di Sukabumi

  Sukabumi , kota yang diketahui hendak keelokan alamnya, menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan lewat pesona serta ketenangan yang terpancar dari danau- danau indahnya. Dari situ yang penuh teka- teki sampai danau- danau yang melegakan jiwa, tiap destinasi mempunyai cerita serta keunikan tertentu. Berikut merupakan sebagian saran danau yang dapat kamu kunjungi; Situ Batu Karut Situ Batu Karut, memiliki sejarah menarik yang tertanam dalam nama serta kehidupan sekitarnya. Konon, kampung ini dinamai Kampung Batu Karut dari legenda tentang batu yang terikat oleh pangkal beringin. Dalam bahasa Sunda, namanya bermakna“ Batu anu dikarut ku pangkal” ataupun“ Batu yang diikat dengan pangkal.” Walaupun batu yang diikat oleh pangkal tersebut telah tidak terdapat lagi, cerita ini senantiasa jadi bagian dari sejarah kampung. Awal mulanya, zona ini cuma berisi rumah- rumah serta tempat penggilingan beras. Tetapi, bersamaan berjalannya waktu, penduduk pindah serta tempat itu bertransformasi jad

Inilah Daerah- Daerah Di Kabupaten Bandung Barat Serta Perkembangannya Kini

Kabupaten Bandung Barat mempunyai kemampuan ekonomi yang sangat menarik. Bukan semata- mata kemampuan pariwisata. Wilayah ini pantas masuk selaku wilayah tujuan investasi. Ingin ketahui kelebihannya? Cek postingan ini sepenuhnya.

Kabupaten Bandung Barat merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang usianya masih terbilang belia. Daerah ini ialah pemekaran dari Kabupaten Bandung pada 2008.

Kabupaten ini mempunyai kurang lebih 1, 4 juta penduduk. Pusat pemerintahannya berlokasi di Kecamatan Ngamprah yang terletak di jalan utama Bandung–Jakarta.

Potensi sangat terkenal dari Kabupaten Bandung Barat merupakan Pariwisata. Banyak tujuan wisata terkenal di Kabupaten ini semacam Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, Curug Maribaya, Taman Begonia, Taman Hutan Lembang, Taman Hutan Djuanda, Curug Malela, Waduk Cirata, serta Waduk Saguling.

Tetapi, Bandung Barat tidak cuma berisi tempat wisata menarik. Terdapat apa saja potensi yang dipunyai Kabupten ini? Cek sepenuhnya di bawah ini.

Wilayah Di Kabupaten Bandung Barat

Menyebut Kabupaten Bandung Barat, bisa jadi sebagian orang masih rancu mengenai batas- batasnya dengan Kabupaten Bandung serta Kota Bandung. Tetapi, apabila menyebuat tempat wisata di wilayah ini semacam Gunung Tangkuban Perahu, Cikole, Floating Market, orang tentu bakal terbayang keelokan alama wilayah ini.

Bandung Barat memanglah mempunyai banyak spot wisata favorite yang didatangi turis dari bermacam wilayah di Indonesia. Tetapi, belum seluruh orang memahami daerah- daerah yang terdapat di kabupaten ini.

Kabupaten ini sesungguhnya ialah daerah pemekaran dari Kabupaten Bandung. Tahun ini, usianya baru 14 tahun tahun. Masih terbilang belia buat suatu wilayah. Kabupaten ini terdiri dari 16 kecamatan ialah:

1. Kecamatan Ngamprah

Ngamprah merupakan suatu ibukota Kabupaten Bandung Barat. Kecamatan Ngamprah mempunyai kode pos 40552 yang berlaku buat segala kelurahan ataupun desa yang terletak di Ngamprah. Bagi informasi tahun 2021, jumlah penduduk Kecamatan Ngamprah sebanyak 172. 522 jiwa, dengan kepadatan 5. 317 jiwa/ km².

2. Kecamatan Sindangkerta

Sindangkerta merupakan sentra pertanian di Kabupaten Bandung Barat. Banyak penduduk wilayah ini mempunyai mata pencaharian dengan bertani. Kata Sindangkerta diambil dari kata“ Sindang” serta“ Kerta”, Sindang berarti ke mari serta Kerta berarti prajurit.

Pada era penjajahan Desa Sindangkerta merupakan salah satu tempat beristirahatnya para prajurit serta pejuang Indonesia. Wilayah Cisandawut jadi markas para pejuang waktu itu. Seperti itu asal mula Sindangkerta.

3. Kecamatan Rongga

Rongga merupakan suatu kecamatan yang berjarak kurang lebih 61 Km dari ibu kota Kabupaten Bandung Barat. Pusat pemerintahannya terletak di Desa Bojongsalam.

Kecamatan Rongga ialah kecamatan terjauh dari pusat kabupaten Bandung Barat. Wilayah ini ialah wilayah perbukitan dengan potensi wisata alam yang menonjol. Curug Walet merupakan tujuan wisata yang populer di wilayah Rongga.

4. Kecamatan Parongpong

Parongpong merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung Barat yang populer selaku sentra tumbuhan hias. Kebanyakan petani di daerah ini ialah petani bunga serta tumbuhan hias lainya.

Sebagian pula terdapat yang bercocok tanam sayur- mayur. Potensi pertanian ini jadi daya tarik Kecamatan Parongpong. Apalagi pemerintah Bandung Barat mendeklarasikan daerah Parongpong selaku kota wisata bunga.

5. Kecamatan Saguling


Saguling merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Bandung Barat yang mempunyai kedudukan vital terhadap kelangsungan energi nasional. Di Kecamatan ini ada PLTA Saguling, selaku tulang punggung listrik transmisi Jawa- Bali.

Kecamatan ini ialah kecamatan baru ke- 16 di Kabupaten Bandung Barat hasil dari pemekaran Kecamatan Batujajar pada Tahun 2011.

6. Kecamatan Padalarang

Padalarang merupakan suatu Kecamatan yang berjarak kurang lebih 7 Km dari ibu kota Kabupaten Bandung Barat ke arah barat. Pusat pemerintahannya terletak di Desa Jayamekar.

Di kecamatan ini ada suatu pabrik kertas pertama di Indonesia. Prospek Padalarang dikira sangat baik, sebab di Kecamatan ini lagi dibentuk salah satu stasiun kereta cepat Jakarta–Bandung. Tidak hanya itu, lagi dikembangkan pula kota mandiri Kota Baru Parahyangan.

7. Kecamatan Lembang

Lembang merupakan kecamatan sangat timur dari Kabupaten Bandung Barat serta jadi wilayah sangat populer di kabupaten ini. Penyebabnya merupakan banyaknya tempat wisata di wilayah ini.

Kecamatan Lembang terletak pada ketinggian antara 1. 312 sampai 2. 084 m di atas permukaan laut. Titik tertingginya terdapat di puncak Gunung Tangkuban Parahu. Selaku wilayah yang terletak di pegunungan, temperatur rata- rata berkisar antara 17°- 27°C.

8. Kecamatan Cisarua

Cisarua merupakan suatu kecamatan yang berjarak kurang lebih 9 Km dari ibu kota Kabupaten Bandung Barat ke arah timur laut. Pusat pemerintahannya terletak di Desa Jambudipa.

Cisarua merupkan suatu kecamatan yang berpotensi di bidang pertanian serta peternakan. Produk utamanya antara lain jamur, susu, tumbuhan palawija serta sayur- mayur.

9. Kecamatan Gununghalu

Gununghalu ialah kecamatan yang sejuk dengan keelokan alam yang masih terpelihara. Salah satu destinasi wisata di Gununghalu merupakan Curug Malela. Sumber air terjun ini berasal dari hulu sungai bagian Utara Gunung Kendeng. Curug Malela mempunyai ketinggian kurang lebih 60 sampai 70 m dengan lebar curug yang mencapai 70 m.

10. Kecamatan Cipongkor

Cipongkor merupakan suatu kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, yang berjarak kurang lebih 42 Km dari ibu kota kabupaten. Pusat pemerintahannya terletak di Desa Sarinagen. Kecamatan Cipongkor mempunyai potensi wisata alam yang sangat besar. Tetapi hingga hari ini belum digarap secara maksimal semacam wilayah Lembang.

11. Kecamatan Cipatat

Cipatat merupakan suatu kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, yang berjarak kurang lebih 30 Km dari ibu kota kabupaten ke arah barat. Pusat pemerintahannya terletak di Desa Cipatat. Wilayah ini ialah sentra pertanian yang jadi salah satu penopang ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

12. Kecamatan Cililin

Kecamatan Cililin merupakan salah satu daerah di Kabupaten Bandung Barat mempunyai potensi ketahanan pangan serta energi.

Di kecamatan ini telah berdiri Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kreatif Petani, Peternakan, Perikanan( Pinbuk). Pangan yang dibesarkan serta dihasilkan wilayah ini merupakan padi, jagung, singkong, pirang, talas, serta lain- lain.

13. Kecamatan Cikalong Wetan

Kecamatan Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat, semacam sebagian kecamatan lain, mempunyai potensi wisata alam. Salah satunya merupakan Desa Pasir Angsana yang direncanakan jadi desa wisata spesial di Kabupaten Bandung Barat.

14. Kecamatan Cihampelas

Cihampelas ialah salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung Barat. Kecamatan ini beribu kota di Desa Cipaten. Asal usul nama Cihampelas berasal dari gabungan 2 kata, ialah: Ci( air) serta Hampelas( pohon berdaun kasar). Kecamatan ini dilintasi Sungai Citarum, salah satu sungai terutama di Jawa Barat.

15. Kecamatan Batujajar

Batujajar merupakan suatu kecamatan yang berjarak kurang lebih 18 Km dari ibu kota Kabupaten Bandung Barat ke arah selatan. Pusat pemerintahannya terletak di Desa Batujajar Timur.

Pada tahun 2011 kecamatan ini hadapi pemekaran daerah, membentuk Kecamatan Saguling Batujajar jadi basis militer yang dikembangkan oleh Belanda. Sampai saat ini dimanfaatkan jadi Pusat Pembelajaran Komando Pasukan Khusus( Kopassus).

16. Kecamatan Cipeundeuy

Cipeundeuy merupakan suatu kecamatan di Bandung Barat dengan pusat pemerintahan di Desa Cipeundeuy. Warga di kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta ini mayoritas berprofesi selaku pengusaha serta petani.

Komoditas dari kecamatan ini antara lain merupakan ikan dari hasil jaring terapung di waduk Bendungan Cirata.

Posisi Serta Akses Kabupaten Bandung Barat


Kabupaten Bandung Barat terletak di tengah Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta serta Kabupaten Subang di sebelah barat serta utara, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, serta Kota Cimahi di sebelah timur, Kota Bandung di sebelah selatan, dan Kabupaten Cianjur di sebelah barat.

Kabupaten yang mempunyai luas daerah 1. 305, 77 km2 dapat diakses dengan lumayan mudah dari bermacam wilayah. Misalnya dari arah Jabodetabek, apabila memakai mobil pribadi dapat diakses lewat tol Cipularang. Bis tujuan Kabupaten Bandung Barat pula ada lumayan banyak.

Opsi transportasi yang lain merupakan memakai kereta dengan turun di Stasiun Padalarang. Tidak hanya kereta biasa, di masa mendatang terdapat opsi transportasi lain iaut kereta cepat Jakarta–Bandung.

Akses memakai pesawat juga bisa jadi buat dicoba. Dari ibu kota Kabupaten Ngamprah mengarah Bandara Husein Sastranegara jaraknya kurang lebih 10 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit.

Bermacam infrastruktur pula terus dibentuk di Kabupaten Bandung Barat. Salah satu yang terkini merupakan jembatan layang Simpang Padalarang. Jembatan layang ini menghubungkan Kota Baru Parahyangan dengan pintu tol Padalarang Timur.

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat pula terus membetulkan akses transportasi di sebagian daerah. Salah atunya merupakan jalur bypass dari Padalarang hingga Rongga sepanjang 56 kilometer. Tujuannya supaya daerah yang terletak di wilayah Selatan kabupaten ini lebih gampang diakses serta perekonomian dapat bergerak lebih cepat.

Pembangunan bermacam infrastruktur baru semacam yang dicoba di Kota Baru Parahyangan pula bakal jadi faktor bergeraknya denyut nadi perekonomian warga.

Bermacam pembangunan serta perkembangan infrastruktur di Kabupaten Bandung Barat bakal jadi awal perkembangan daerah ini, termasuk meningkatnya nilai properti di daerah Kabupaten Bandung Barat.

Pertumbuhan Kabupaten Bandung Barat


Bermacam sarana penunjang pula terus berkembang serta dibentuk di Kabupaten Bandung Barat. Perihal ini jadi penanda positif untuk tumbuhnya perekonomian di wilayah ini. Perkembangan bermacam sarana penunjang serta infrastruktur ini jadi indikator kalau wilayah ini terus menjadi sesuai buat tujuan investasi. Termasuk investasi di bidang properti.

Berikut ini sebagian sarana yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

Sarana Kesehatan

  • Ada 3 RSUD serta sebagian Rumah sakit Swasta di Kabupaten Bandung Barat. Tidak hanya itu ada sebagian sarana kesehatan di bawahnya semacam puskesmas pasti saja. Berikut ini sebagian catatan rumah sakit Kabupaten Bandung Barat:
  • RSUD Cikalong Wetan. Jalan. Cikalong Nomor. 290, Ciptagumati, Kec. Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Telepon( 022) 86866016
  • RSUD Cililin. Jalan. Cintakarya, Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Telepon( 022) 6941600
  • RSUD Lembang. Jalan Raya Lembang Kilometer 11, 4 Nomor. 11, Gudangkahuripan, Lembang, Jalan. Raya Lembang Nomor. 11, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Telepon( 022) 2786879
  • Rumah Sakit Cahya Kawaluyan. Jalan Parahyangan Raya Nomor. Kilometer 3 Cipeundeuy Padalarang, Kota Baru, Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Telepon( 022) 6803700
  • Rumah Sakit Karisma Cimareme. Raya Cimareme Nomor. 235, Cimareme, Kec. Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40552. Telepon( 022) 6866221
  • Rumah Sakit IMC. Raya Gadobangkong Nomor. 173, Cimareme, Kec. Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40552. Telepon( 022) 6620965

Sarana Pendidikan

Sarana pembelajaran di Kabupaten Bandung Barat pula ada lumayan banyak. Menurut informasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat, ada 887 sekolah bawah yang terdiri dari 637 SD negeri serta 250 SD swasta.

Buat jenjang SMP, ada 72 SMP negeri serta 260 SMP swasta. Total SMP di Kabupaten Bandung Barat merupakan 332. Pendikan buat jenjang sekolah menengah atas serta sederajat jumlahnya pula lumayan banyak. Terdapat 18 SMA negeri serta 116 SMA swasta. Sedangkan itu buat Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) terdapat 9 Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) negeri serta 91 Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) swasta. Total terdapat 234 sekolah buat jenjang SMA- SMK.

Sedangkan itu buat jenjang pendidikan tinggi, ada 4 akademi besar ialah:

Politeknik Negeri Bandung( Polban)

Politeknik Negeri Bandung jadi salah satu Piliteknik terbaik di Indonesia dengan Akreditasi A. Prodi yang disediakan pihak kampus ini merupakan Teknik sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektronika, Teknik Listrik, Akuntansi, Manajemen Bisnis, serta administrasi negara.

Kampus ini berlokasi di Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

IKIP Siliwangi

IKIP Siliwangi merupakan kampuas pembelajaran yang berdiri telah lumayan lama, tepatnya semenjak 1986. Kampus ini mempunyai prodi yang lumayan lengkap antara lain: PG Paud, PGSD, PBSI serta yang lain. Ada sebagian jenjang pembelajaran magister antara lain: Matematika, PBSI, serta Pendidikan Masyarakat.

Kampus IKIP Siliwangi berlokasi di Jalan. Ciburuy, Kp. Sadang, Desa Ciburuy, Kabupaten Bandung Barat.

STAI Darul Falah Bandung Barat

Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah merupakan kampus Islam di Bandung Barat.

Buat dikala ini, program studi yang diampu merupakan ilmu agama islam. Sekalipun begitu, mata kuliah yang diajarkan lengkap. Maka dari itu, kampus ini dapat dijadikan referensi buat memperdalam ilmu serta nilai- nilai keagamaan.

Kampus STAI Darul Falah berlokasi di Jl. Raya Cihampelas No.12, RT.04/RW.02, Cihampelas, Kec. Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40767

Universitas Advent Indonesia

Perguruan tinggi ini mempunyai fakultas lumayan lengkap. Di antara lain merupakan Fakultas Ilmu Keperawatan, Teknik Informasi, FKIP, Fakultas Ekonomi, serta Fakultas Filsafat. Jenjang pembelajaran yang diampu pula bermacam- macam.

Tidak hanya jenjang sarjana, ada pula program sarjana( S2) semacam Fakultas Manajemen serta Filsafat. Universitas Advent Indonesia, ialah perguruan tinggi dengan prodi terlengkap di Kabupaten Bandung Barat.

Kampus ini berlokasi di Jalan. Kolonel Masturi Nomor. 288, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia 40559

Sarana Perbelanjaan

Sarana perbelanjaan ada lumayan lengkap di Kabupaten Bandung Barat. Di Kabupaten ini ada 16 pasar tradisional semacam Pasar Panorama Lembang, Pasar Buah- buahan Lembang, Pasar Cisarua, Pasar Tagog Padalarang, Pasar Gedong 5, Pasar Batujajar, Pasar Cililin, Pasar Sindangkerta, serta Pasar Rajamandala.

Tidak hanya pasar tradisional, ada pula sebagian pasar modern yang terus berkembang. Menurut informasi dari Dinas Perindustrian serta Perdagangan Bandung Barat, telah terdapat kurang lebih 300 pengajuan izin pasar modern, mulai dari mini market sampai luar biasa market. Perihal ini menampilkan prospek pertumbuhan di kabupaten ini sangat menarik.

Salah satu pusat perbelanjaan modern yang baru dibuka serta jadi ikon di Kabupaten Bandung Barat merupakan IKEA di Kota Baru Parahyangan. Sehabis IKEA, sebagian pusat pasar modern siap beroperasi semacam Ruko Town Center, Ruko Pancawarna, serta Pasar Moden KBP.


Comments

Popular posts from this blog

Metode Mengawali Bisnis Online Dari Nol Sampai Berhasil( Luar biasa Lengkap)

Merintis usaha dari nol sampai dapat mempunyai pelanggan yang loyal, tidaklah perihal yang gampang semacam membalikan telapak tangan. Diperlukan tekad serta keinginan yang kokoh, supaya kita sanggup bertahan di tengah persaingan bisnis yang terus menjadi ketat. Perihal seperti itu yang sudah aku tanamkan pada diri aku sendiri( penulis), kala hendak mengawali bisnis toko mainan( offline) dekat 9 tahun yang kemudian( tahun 2010). Setelah itu pada tahun 2013 aku mulai merintis membuka toko online. Nah pada peluang kali ini, aku mau memberikan pengalaman aku tersebut kepada Kamu seluruhnya. Kala hendak mengawali suatu bisnis online, hendaknya Kamu mengenali terlebih dulu tentang metode, serta metode mengawali bisnis online dari nol( dengan benar). Dengan mengenali perihal tersebut, pasti Kamu hendak bisa mengawali bisnis online tersebut secara lebih baik. Ilustrasi Bisnis Online Apabila Kamu telah sempat memperoleh rujukan yang lumayan( dari internet) tentang metode serta metode mengawali

10 Tempat Spa serta Sauna di Bandung yang Harus Dikunjungi

Bermacam- macam metode dapat dicoba buat membuat badan tetapi relaks sehabis mengerjakan banyak kegiatan tiap hari yang meletihkan, mulai dari rehat di rumah, olahraga hingga melaksanakan kegiatan pengobatan semacam sauna. Di Bandung sendiri ada banyak opsi tempat yang menawarkan bermacam sarana sauna terbaik buat mengembalikan tenaga yang terkuras sehabis bekerja. Sebagian tempat di antara lain semacam yang bakal Portalgunhal bahas dalam postingan di bawah. Buat kalian yang lagi mencari saran tempat sauna di Bandung, ikuti pembahasan berikut ini ya! 1. The Spa Trans Luxury Sumber: gastronomy- aficionado. com Alamat: Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor. 289 Bandung Telepon:+6222- 8734- 8888 Jam Operasional: 06. 00- 23. 00 Harga: Mulai dari Rp415, 000 The Spa ialah sarana terapi yang ditawarkan oleh The Trans Luxury hotel. Terletak di tengah pusat kota Bandung, The Spa muncul dengan bermacam sarana terapi yang bisa membuat badan rileks serta lebih segar. Walaupun lokasinya terletak di dal

5 Tempat Fitness di Jogja Khusus Perempuan yang Harus Dikunjungi

Melindungi kebugaran serta kesehatan badan ialah kebutuhan dasar tiap orang. Tetapi di masa modern semacam saat ini ini, fitnes bukan cuma hanya buat melindungi kesehatan badan saja. Akan tapi, telah jadi style hidup ataupun lifestyle. Tidak heran bila keberadaan tempat fitnes mulai menjamur di bermacam wilayah serta kota- kota besar, salah satunya Yogyakarta . Tiap tempat fitnes umumnya telah sediakan alat- alat spesial, baik itu buat gym, aerobik serta bermacam tipe latihan yang lain. Tetapi mengingat kebutuhan serta kenyamanan tiap orang berbeda- beda maka, tiap tempat fitnes pula umumnya sediakan ketentuan tertentu. Terdapat tempat fitnes umum terdapat pula tempat fitnes khusus perempuan. Selaku seseorang perempuan, terkadang kita merasa tidak aman kala mesti fitness satu ruangan dengan pria. Terlebih bila kalian seseorang perempuan muslim, pastinya kalian bakal lebih bebas serta aman bila ruangannya terpisah. Nah, untuk kalian penduduk Jogja yang lagi mencari tempat fitnes khusus