Skip to main content

Featured Post

Eksplorasi Keelokan serta Ketenangan di Danau yang Menawan yang Terletak di Sukabumi

  Sukabumi , kota yang diketahui hendak keelokan alamnya, menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan lewat pesona serta ketenangan yang terpancar dari danau- danau indahnya. Dari situ yang penuh teka- teki sampai danau- danau yang melegakan jiwa, tiap destinasi mempunyai cerita serta keunikan tertentu. Berikut merupakan sebagian saran danau yang dapat kamu kunjungi; Situ Batu Karut Situ Batu Karut, memiliki sejarah menarik yang tertanam dalam nama serta kehidupan sekitarnya. Konon, kampung ini dinamai Kampung Batu Karut dari legenda tentang batu yang terikat oleh pangkal beringin. Dalam bahasa Sunda, namanya bermakna“ Batu anu dikarut ku pangkal” ataupun“ Batu yang diikat dengan pangkal.” Walaupun batu yang diikat oleh pangkal tersebut telah tidak terdapat lagi, cerita ini senantiasa jadi bagian dari sejarah kampung. Awal mulanya, zona ini cuma berisi rumah- rumah serta tempat penggilingan beras. Tetapi, bersamaan berjalannya waktu, penduduk pindah serta tempat itu bertransformasi jad

Menikmati Sisi Lain Pangalengan di Gunung Artapela Bandung

Bandung diketahui sebagai bekas danau purba yang sangat besar, dimana Bandung dikelilingi oleh gunung di sekitarnya. Salah satu gunung yang mengelilingi Bandung merupakan Gunung Artapela. Sudah tahu tentang gunung ini?

Gunung Artapela ialah gunung yang terletak di perbatasan antara Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung Barat, dengan Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Gunung Artapela mempunyai ketinggian 2194 m di atas permukaan laut. gunung ini tidak termasuk ke dalam lingkungan perkebunan teh Malabar yang terdapat di Pangalengan.

Belum banyak yang mengenali keberadaan gunung kecil di selatan kota Bandung ini. Sementara itu Gunung Artapela mempunyai pesona yang tidak kalah dengan gunung lain yang terdapat di sekitar kota serta kabupaten Bandung.

Gunung Artapela ialah gunung tropis yang telah tidak aktif. Puncak Gunung Artapela diberi nama Puncak Sulibra. Tempat dimana kalian dapat menikmati panorama alam Bandung dari ketinggian.

Mau ketahui apa saja spot menarik serta data lengkap soal Gunung Artapela? Ayo, ikuti postingan ini, siapa ketahui dapat jadi rujukan buat liburanmu berikutnya!

Spot Menarik di Gunung Artapela

sumber: backpackerjakarta. com

Gunung Artapela terletak di atas 2000 mdpl membagikan pengalaman yang mengasyikkan menikmati Bandung dari ketinggian. Gunung ini dapat dijasikan dengan alternatif buat liburan sebab lokasinya belum banyak dikenal turis, jadi kalian dapat menikmati quality time bersama sahabat sambil menikmati keelokan Pangalengan.

1. Puncak Sulibra

sumber: www. wikiloc. com

Tiap pendakian gunung, puncak jadi salah satu tujuan yang mau dicapai. Puncak Sulibra ialah puncak paling tinggi yang terdapat di Gunung Artapela. Di tempat inilah kalian berada di ketinggian 2194 m di atas permukaan laut. Puncak Sulibra jadi tempat camping yang direkomendasikan sebab lahannya sangat luas serta ditumbuhi banyak pepohonan.

2. Situ Aul

sumber: journesia. com

Tidak cuma Gunung Semeru dengan Ranu Kumbolo, ataupun Gunung Rinjani dengan Danau Segara anak saja. Di Gunung Artapela pula ada danau alami yang diberi nama Situ Aul. Danau ini dapat dilihat dari Puncak Sulibra. Bila mau mendekat ke Situ Aul, wajib hati- hati, ya. Sebab di dekat sini tidak terdapat penjaga, jadi tidak disarankan buat berenang di danau.

3. Spot Sunset serta Sunrise

sumber: www. flickr. com

Gunung Artapela diketahui selaku gunung yang mempunyai spot sunrise serta sunset­ di tempat yang sama. Kalian dapat menikmati keduanya dari Puncak Sulibra dengan lahan seluas 40 hektar. Tidak perlu takut tidak mempunyai spot yang menarik. Di atas puncak gunung ini, kalian dapat leluasa berekspresi buat memotret matahari terbit serta terbenam.

4. Zona Camping

sumber: gunungindonesia34. blogspot. com

Mendaki Gunung Artapela sangat disayangkan bila cuma tek- tok ataupun pulang pergi saja. sangat dianjurkan buat menginap di sini. Semacam yang telah disebutkan di atas, Gunung Artapela mempunyai Puncak Sulibra dengan luas 40 hektar. Sesuai dijadikan selaku tempat camping bersama sahabat.

Fasilitas

sumber: www. wikiloc. com

Gunung Artapela terbilang baru diketahui selaku tempat wisata, jadi gunung ini masih alami serta tidak sering didatangi turis. Walaupun begitu, Gunung Artapela telah dilengkapi dengan sebagian sarana yang bakal membantumu kala hendak ataupun selesai mendaki.

1. Jalan Pendakian

Gunung Artapela mempunyai 2 jalan, ialah jalan Pacet Kertasari serta jalan Pangalengan. Pendakian via Pacet Kertasari diawali dari Kampung Argasari, Kertasari, Kabupaten Bandung Barat. Sebaliknya jalan Pangalengan diawali dari Margamukti, Pangalengan.

Untuk pendaki yang baru awal kali serta mendaki pada sore ataupun malam hari, dianjurkan lewat jalan Pangalengan sebab jalurnya relatif lebih gampang.

2. Warung

Saat sebelum serta sehabis pendakian, wajib untuk pendaki buat mengisi perut. Paling utama untuk yang bakal mendaki, supaya raga senantiasa sehat serta tidak kelaparan di jalan pendakian. Di dekat zona parkir Gunung Artapela, telah disediakan warung simpel yang dapat disinggahi buat semata- mata ngopi ataupun makan berat.

3. Lahan Parkir

Sama halnya dengan tempat wisata pada biasanya, Gunung Artapela telah dilengkapi dengan lahan parkir yang lumayan luas serta nyaman buat menaruh kendaraanmu. Zona parkir ini dapat digunakan buat menitipkan mobil ataupun motor.

Harga Tiket Masuk serta Jam Operasional

sumber: https:// twitter. com/ bangetbdg/ status/ 936750565350092800

Pendakian ke Gunung Artapela dapat jadi opsi buat menikmati sisi lain Bandung yang tidak sering dikenal orang. Menikmati gunung ini sangat murah, berbeda dengan pendakian ke gunung yang lain. Berikut data harga tiket masuk, jam operasional, serta kontak Gunung Artapela.

  • Tiket Masuk: Rp5. 000
  • Parkir Motor: Rp5. 000
  • Parkir Mobil: Rp15. 000
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Kontak: 0812- 2380- 2013

Alamat serta Akses Transportasi

  • Alamat: Sukapura, Kertasari, Pangauban, Pacet, Kabupaten Bandung

Gunung Artapela terletak di Bandung selatan, tepatnya di Pangalengan. Pendakiannya yang sangat gampang yaitu melalui jalan Pangalengan. Tetapi sayang, mengarah ke sini sangat susah bila memakai transportasi umum. Jadi bila kalian tiba dari luar Bandung, dianjurkan menyewa motor di Bandung kota. Berikut ini rute yang bisa dituju buat hingga ke Gunung Artapela.

Mobil( via Tol)

Untuk pengguna kendaraan roda 4, bakal lebih gampang bila melewati jalur tol. Keluar di Gerbang Tol Soreang, dilanjutkan ke Cangkuang, masuk ke Jalur Raya Pangalengan, hingga di persimpangan Kantor Kecamatan Pangalengan, dilanjutkan ke arah Kertamanah– Jalur Raya Rancamanyar. Supaya lebih gampang, dapat pakai GPS sebab jalurnya lumayan bercabang.

Motor

Pengguna kendaraan roda 2 dari Bandung kota, menuju ke Jalur Raya Bojongsoang, dilanjutkan ke Jalur Raya Banjaran, Jalur Raya Pangalengan, serta dari persimpangan Kantor Kecamatan Pangalengan menuju ke Kertamanah serta Jalur Raya Rancamanyar.

Hotel Dekat Gunung Artapela

Gunung Artapela telah dilengkapi dengan zona camping yang sangat luas, namun bila mau menikmati hawa Pangalengan lebih lama, dapat pula memilah menginap di penginapan dekat Pangalengan.

Tetapi sebab Gunung Artapela posisinya terpencil, hingga tidak terdapat penginapan yang sangat dekat dari sini. Walaupun begitu, kalian tetap dapat memilih penginapan terdekat. Berikut antara lain.

1. Boemi Aki Kamsoer

  • Margamukti, Rancamanyar, Pangalengan, Kabupaten Bandung
  • Kontak: 0811- 1991- 773

2. Villa Cempaka

  • Jalan. Raya Kertamanah, Margamukti, Pangalengan, Kabupaten Bandung
  • Kontak: 0811- 7226- 331

3. Villa Kertamanah

  • Jalan. PTPN VIII Kertamanah, Margamukti, Pangalengan, Kabupaten Bandung
  • Kontak: 08122- 1536- 901

4. Shinta Corner Ranch and Resort

  • Jalan. Raya Sukamenak Nomor. 21, Pangalengan, Kabupaten Bandung
  • Kontak: 0811- 2197- 001

5. Villa Mandala Wangi

  • Jalan. Pintu Pangalengan, Sukamenak, Margaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung
  • Kontak:( 022) 5979 423

6. Hotel Citere Pangalengan

  • Jalan. Raya Pangalengan Nomor. 589, Margamukti, Pangalengan, Kabupaten Bandung
  • Kontak: 0821- 2926- 3997

7. Gandana Homestay

  • Sukamanah, Pangalengan, Kabupaten Bandung
  • Kontak: 0853- 2087- 1992

8. Villa Hira Pangalengan

  • Jalan. Sana Cileunca, Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung
  • Kontak: 0812- 2268- 5527

Seperti itu informasi seputar Gunung Artapela yang terletak di selatan kota Bandung. Walaupun belum banyak diketahui turis, senantiasa menarik, kan? Gunung ini terletak di kaki Gunung Puntang, jadi bila mau merasakan atmosfer yang baru, dapat mampir ke Gunung Artapela sehabis mendaki Gunung Puntang. Ayo, ke Gunung Artapela!


Comments

Popular posts from this blog

Metode Mengawali Bisnis Online Dari Nol Sampai Berhasil( Luar biasa Lengkap)

Merintis usaha dari nol sampai dapat mempunyai pelanggan yang loyal, tidaklah perihal yang gampang semacam membalikan telapak tangan. Diperlukan tekad serta keinginan yang kokoh, supaya kita sanggup bertahan di tengah persaingan bisnis yang terus menjadi ketat. Perihal seperti itu yang sudah aku tanamkan pada diri aku sendiri( penulis), kala hendak mengawali bisnis toko mainan( offline) dekat 9 tahun yang kemudian( tahun 2010). Setelah itu pada tahun 2013 aku mulai merintis membuka toko online. Nah pada peluang kali ini, aku mau memberikan pengalaman aku tersebut kepada Kamu seluruhnya. Kala hendak mengawali suatu bisnis online, hendaknya Kamu mengenali terlebih dulu tentang metode, serta metode mengawali bisnis online dari nol( dengan benar). Dengan mengenali perihal tersebut, pasti Kamu hendak bisa mengawali bisnis online tersebut secara lebih baik. Ilustrasi Bisnis Online Apabila Kamu telah sempat memperoleh rujukan yang lumayan( dari internet) tentang metode serta metode mengawali

10 Tempat Spa serta Sauna di Bandung yang Harus Dikunjungi

Bermacam- macam metode dapat dicoba buat membuat badan tetapi relaks sehabis mengerjakan banyak kegiatan tiap hari yang meletihkan, mulai dari rehat di rumah, olahraga hingga melaksanakan kegiatan pengobatan semacam sauna. Di Bandung sendiri ada banyak opsi tempat yang menawarkan bermacam sarana sauna terbaik buat mengembalikan tenaga yang terkuras sehabis bekerja. Sebagian tempat di antara lain semacam yang bakal Portalgunhal bahas dalam postingan di bawah. Buat kalian yang lagi mencari saran tempat sauna di Bandung, ikuti pembahasan berikut ini ya! 1. The Spa Trans Luxury Sumber: gastronomy- aficionado. com Alamat: Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor. 289 Bandung Telepon:+6222- 8734- 8888 Jam Operasional: 06. 00- 23. 00 Harga: Mulai dari Rp415, 000 The Spa ialah sarana terapi yang ditawarkan oleh The Trans Luxury hotel. Terletak di tengah pusat kota Bandung, The Spa muncul dengan bermacam sarana terapi yang bisa membuat badan rileks serta lebih segar. Walaupun lokasinya terletak di dal

5 Tempat Fitness di Jogja Khusus Perempuan yang Harus Dikunjungi

Melindungi kebugaran serta kesehatan badan ialah kebutuhan dasar tiap orang. Tetapi di masa modern semacam saat ini ini, fitnes bukan cuma hanya buat melindungi kesehatan badan saja. Akan tapi, telah jadi style hidup ataupun lifestyle. Tidak heran bila keberadaan tempat fitnes mulai menjamur di bermacam wilayah serta kota- kota besar, salah satunya Yogyakarta . Tiap tempat fitnes umumnya telah sediakan alat- alat spesial, baik itu buat gym, aerobik serta bermacam tipe latihan yang lain. Tetapi mengingat kebutuhan serta kenyamanan tiap orang berbeda- beda maka, tiap tempat fitnes pula umumnya sediakan ketentuan tertentu. Terdapat tempat fitnes umum terdapat pula tempat fitnes khusus perempuan. Selaku seseorang perempuan, terkadang kita merasa tidak aman kala mesti fitness satu ruangan dengan pria. Terlebih bila kalian seseorang perempuan muslim, pastinya kalian bakal lebih bebas serta aman bila ruangannya terpisah. Nah, untuk kalian penduduk Jogja yang lagi mencari tempat fitnes khusus