Skip to main content

Featured Post

Eksplorasi Keelokan serta Ketenangan di Danau yang Menawan yang Terletak di Sukabumi

  Sukabumi , kota yang diketahui hendak keelokan alamnya, menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan lewat pesona serta ketenangan yang terpancar dari danau- danau indahnya. Dari situ yang penuh teka- teki sampai danau- danau yang melegakan jiwa, tiap destinasi mempunyai cerita serta keunikan tertentu. Berikut merupakan sebagian saran danau yang dapat kamu kunjungi; Situ Batu Karut Situ Batu Karut, memiliki sejarah menarik yang tertanam dalam nama serta kehidupan sekitarnya. Konon, kampung ini dinamai Kampung Batu Karut dari legenda tentang batu yang terikat oleh pangkal beringin. Dalam bahasa Sunda, namanya bermakna“ Batu anu dikarut ku pangkal” ataupun“ Batu yang diikat dengan pangkal.” Walaupun batu yang diikat oleh pangkal tersebut telah tidak terdapat lagi, cerita ini senantiasa jadi bagian dari sejarah kampung. Awal mulanya, zona ini cuma berisi rumah- rumah serta tempat penggilingan beras. Tetapi, bersamaan berjalannya waktu, penduduk pindah serta tempat itu bertransformasi jad

Gunung Puntang, Bekas Stasiun Radio Terbesar di Dunia

Sudah ketahui kan, jika kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan yang membuat kota ini dikenal dengan hawa yang sejuk? Salah satu pegunungan yang melingkar di selatan kota Bandung merupakan Pegunungan Malabar. Pegunungan ini terdiri dari 3 puncak gunung, antara lain Gunung Haruman, Gunung Puntang serta yang paling tinggi merupakan Gunung Malabar.

Gunung Puntang ialah gunung yang jadi favorite di golongan pendaki serta termasuk gunung yang sangat populer di antara keduanya. Gunung Puntang mempunyai ketinggian 2223 m di atas permukaan laut. Sebaliknya Gunung Malabar mempunyai ketinggian 2343 m di atas permukaan laut, dimana gunung ini merupakan salah satu gunung paling tinggi di Bandung.

Tidak cuma panorama alam yang menarik, Gunung Puntang pula jadi saksi sejarah semenjak era kerajaan. Tidak hanya itu, Gunung Puntang sempat dijadikan selaku stasiun pemancar radio Malabar pada tahun 1917– 1923 yang jadi stasiun radio terbesar di dunia pada zamannya. Tertarik buat menjelajahi Gunung Puntang? Ayo, baca informasi lengkap tentang Gunung Puntang!

Spot Menarik

Gunung Puntang kerap dijadikan selaku tempat buat ospek lapangan, pembelajaran dasar, serta tujuan pendakian. Tidak heran gunung ini jadi gunung yang sangat populer di Bandung sehabis Gunung Tangkuban

Perahu sebab terdapat banyak hal menarik yang dapat dieksplor. Inilah 5 spot menarik yang dapat ditemui di Gunung Puntang.

1. Sungai Cigeureuh

sumber: jalancerita. com

Pegunungan tidak lepas dari melimpahnya sumber air. Di Gunung Puntang, ada Sungai Cigeureuh yang bisa jadi tujuan sehabis mendaki ke puncak. Sungai ini gampang diakses, serta telah disediakan bermacam- macam sarana, semacam tempat bilas, saung, dan jembatan. Kalian dapat mensterilkan badan di sini sehabis turun gunung.

2. Wisata Sejarah di Radio Malabar

sumber: travel. tribunnews. com

Gunung Puntang menyimpan jejak sejarah yang dapat dipelajari. Pada tahun 1917, dibentuk stasiun Radio Malabar yang digunakan selaku penghantar pesan suara serta telegraf ke Belanda. Radio Malabar jadi teknologi tercanggih yang terdapat di Indonesia pada masanya. Saat ini, tempat tersebut cuma tersisa puing- puing di lahan yang luas.

3. Goa Belanda

sumber: www. serbabandung. com

Tidak hanya wisata sejarah di bekas Radio Malabar, Gunung Puntang pula mempunyai tempat bersejarah yang lain, ialah Goa Belanda. Goa ini mempunyai besar kurang lebih 2 m, dengan bentuk lingkarang yang dilengkapi dengan lorong sepanjang 170 m. Goa ini telah ada saat sebelum Radio Malabar berakhir dibangun, serta sempat dijadikan selaku tempat persembunyian serta penyimpanan senjata.

4. Ekspedisi Kopi serta Owa Jawa

sumber: foto. inilah. com

Pegunungan Malabar diketahui selaku salah satu penghasil kopi terbaik di Bandung. Untuk pendaki yang sempat naik ke Gunung Puntang, tentu sudah tidak asing dengan yang satu ini. Tidak hanya dapat menikmati kopi, kalian juga dapat wisata edukasi bersama petani kopi. Tidak cuma itu saja, Gunung Puntang jadi salah satu habitat asli Owa Jawa, tepatnya di arah mengarah Gunung Haruman.

5. Puncak Mega

sumber: bhinnekashuttle. com

Puncak paling tinggi Gunung Puntang diketahui dengan nama Puncak Mega yang mempunyai ketinggian 2223 m di atas permukaan laut. Mendaki ke Gunung Puntang belum lengkap bila tidak menapaki Puncak Mega. Dari atas sini, kalian dapat memandang panorama alam Bandung dari ketinggian. Puncak Mega pula diketahui selaku salah satu spot sunrise terbaik di Bandung.

6. Curug Cikahuripan

sumber: inilah- im0y. blogspot. com

Gunung Puntang dilengkapi dengan sumber air yang bermanfaat untuk para wisatawan ataupun pendaki. Tidak hanya Sungai Cigeureuh, sumber air yang lain terdapat di Curug Cikahuripan yang terletak di lereng Gunung Puntang. Air terjun ini dapat dijadikan selaku tujuan selepas pendakian, ataupun buat mengisi persediaan air kala mendaki.

Fasilitas

Gunung Puntang tidak cuma jadi tempat pendakian saja, melainkan jadi salah satu tempat wisata yang menarik di Bandung. Sebab seperti itu Gunung Puntang sediakan bermacam- macam sarana yang bakal memudahkan serta membuat kamu aman kala liburan ke sini. Inilah sarana yang bisa didapatkan kala liburan ke Gunung Puntang.

1. Bumi Perkemahan

Gunung Puntang mempunyai zona perkemahan yang sangat luas serta ada di beberapa kompleks. Sebab luasnya, zona ini bukan cuma jadi tempat buat berkemah saja, namun dapat dijadikan selaku tempat buat mengadakan kegiatan gathering, ataupun ospek lapangan serta pembelajaran dasar.

2. Saung

Gunung Puntang sediakan saung yang dapat dijadikan selaku tempat buat istirahat sembari menikmati segarnya hawa di Pegunungan Malabar.

3. Warung Makanan

Sama halnya dengan tempat wisata lain, Gunung Puntang dilengkapi dengan warung makan yang terdapat di zona parkir. Santapan yang dijual lumayan lengkap. Mulai dari santapan berat, santapan praktis, sampai minuman hangat.

4. Penyewaan Perlengkapan Pendakian

Mau mendaki namun tidak mempunyai perlengkapan pendakian yang lengkap? Gunung Puntang sediakan penyewaan perlengkapan pendakian yang terdiri dari matras, sleeping bag, sampai tenda dengan bermacam ukuran.

5. Lahan Parkir

Gunung Puntang dilengkapi dengan lahan parkir yang luas, dan dapat menampung kendaraan dalam jumlah banyak, baik itu mobil, motor, sampai bis.

6. Sarana Lainnya

Musholla

Toilet

Keamanan

Harga Tiket Masuk serta Jam Operasional

umber: www. egindo. co

Kawasan wisata serta pendakian Gunung Puntang sediakan sarana yang terbilang lengkap buat sekelas wisata alam, berikut ini perinci harga tiket, parkir, jam operasional, serta kontak yang dapat dihubungi.

1. Harga Tiket Masuk

  • Tamasya: Rp20. 000
  • Pendakian: Rp25. 000
  • Camping: Rp20. 000
  • Susur Goa: Rp7. 500

2. Harga Sewa

  • Tenda Tim: Rp40. 000/ hari
  • Tenda Doom: Rp100. 000/ hari
  • Tenda Peleton: Rp600. 000/ hari
  • Tenda Lorong: Rp300. 000/ hari
  • Matrass: Rp5. 000/ hari( minimun 30 buah)
  • Vel Bed: Rp50. 000/ hari( minimun 30 buah)
  • Sleeping Bag: Rp20. 000/ hari( minimun 30 buah)
  • Aula Data: Rp75. 000/ hari
  • Pemasangan Listrik: Rp300. 000/ hari

3. Parkir

  • Motor: Rp5. 000
  • Mobil: Rp10. 000
  • Bis: Rp25. 000

4. Jam Operasional: 24 jam

5. Kontak: 0812- 2496- 202/ 0812- 2128- 7665/ 0821- 1580- 0564

Alamat serta Akses Transportasi

sumber: bandung. panduanwisata. id

  • Alamat: Pasirmulya, Banjaran, Kabupaten Bandung

Gunung Puntang terletak di Bandung Selatan tepatnya di daerah Banjaran. Rute mengarah ke sini lumayan gampang baik itu memakai kendaraan roda 2 ataupun lebih. Tetapi belum terdapat angkutan kota yang mengantar langsung ke gerbang Gunung Puntang. Jadi dianjurkan buat bawa kendaraan pribadi. Berikut rute yang dapat ditempuh:

Mobil( via Tol)

Pengguna kendaraan roda 4 ataupun lebih dari dalam serta luar kota Bandung, dapat pakai tol buat mempercepat waktu tempuh. Keluar dari Gerbang Tol Buah Batu, dilanjutkan ke Jalur Bojongsoang, Jalur Dayeuhkolot– Baleendah, setelah itu ke Banjaran– Cimaung. Sesampainya di Pasar ataupun Halte Banjaran, setelah itu dilanjutkan ke arah Gunung Puntang.

Motor/ Mobil( Jalur Nasional)

Pengguna motor ataupun mobil yang melewati jalur nasional dari Bandung kota, rute termudah yang dapat dilewati merupakan melalui Jalur Buah Batu, dilanjutkan ke Jalur Bojongsoang, Jalur Dayeuhkolot– Baleendah, serta jalan Banjaran– Cimaung. Dari Pasar Banjaran menuju ke Gunung Puntang.

Penginapan di Dekat Gunung Puntang

Di Banjaran, spesialnya kawasan Gunung Puntang dilengkapi penginapan berbentuk villa serta hotel yang dapat dijadikan selaku tempat istirahat. Berikut ini penginapan terdekat dari Gunung Puntang.

1. Taman Bougenville

  • Jalan. Gunung Puntang, Campakamulya, Cimaung, Kabupaten Bandung
  • Kontak: 0811- 9102- 003

2. Puntang Djaya Bandung

  • Campakamulya, Cimaung, Kabupaten Bandung
  • Kontak: 0813- 2396- 6848

3. Villa PSJ

  • Pasirmulya, Banjaran, Kabupaten Bandung
  • Kontak: 0812- 2149- 9256

4. Rorompok Arya De’ Borgies

  • Jalan. Pasir Mulya, Pasirmulya, Banjaara, Kabupaten Bandung
  • Kontak: 0878- 2313- 5954

5. Villa DPJ

  • Pasir Huni, Pasirhuni, Cimaung, Kabupaten Bandung
  • Kontak: 0811- 141- 474

6. Kikit Cottage

  • Pasir Pendey, Banjaran Wetan, Majalengka, Kabupaten Bandung
  • Kontak: 0852- 2033- 1168

Wisata di Gunung Puntang terbilang sangat lengkap walaupun terletak di ketinggian serta jauh dari keramaian kota. Di sini kalian dapat melancong alam sekalian wisata sejarah, sampai edukasi. Bila kalian berencana mendaki ataupun mengadakan kegiatan di Gunung Puntang, mudah- mudahan informasi dari Keluyuran ini bisa berguna ya!

Comments

Popular posts from this blog

Metode Mengawali Bisnis Online Dari Nol Sampai Berhasil( Luar biasa Lengkap)

Merintis usaha dari nol sampai dapat mempunyai pelanggan yang loyal, tidaklah perihal yang gampang semacam membalikan telapak tangan. Diperlukan tekad serta keinginan yang kokoh, supaya kita sanggup bertahan di tengah persaingan bisnis yang terus menjadi ketat. Perihal seperti itu yang sudah aku tanamkan pada diri aku sendiri( penulis), kala hendak mengawali bisnis toko mainan( offline) dekat 9 tahun yang kemudian( tahun 2010). Setelah itu pada tahun 2013 aku mulai merintis membuka toko online. Nah pada peluang kali ini, aku mau memberikan pengalaman aku tersebut kepada Kamu seluruhnya. Kala hendak mengawali suatu bisnis online, hendaknya Kamu mengenali terlebih dulu tentang metode, serta metode mengawali bisnis online dari nol( dengan benar). Dengan mengenali perihal tersebut, pasti Kamu hendak bisa mengawali bisnis online tersebut secara lebih baik. Ilustrasi Bisnis Online Apabila Kamu telah sempat memperoleh rujukan yang lumayan( dari internet) tentang metode serta metode mengawali

10 Tempat Spa serta Sauna di Bandung yang Harus Dikunjungi

Bermacam- macam metode dapat dicoba buat membuat badan tetapi relaks sehabis mengerjakan banyak kegiatan tiap hari yang meletihkan, mulai dari rehat di rumah, olahraga hingga melaksanakan kegiatan pengobatan semacam sauna. Di Bandung sendiri ada banyak opsi tempat yang menawarkan bermacam sarana sauna terbaik buat mengembalikan tenaga yang terkuras sehabis bekerja. Sebagian tempat di antara lain semacam yang bakal Portalgunhal bahas dalam postingan di bawah. Buat kalian yang lagi mencari saran tempat sauna di Bandung, ikuti pembahasan berikut ini ya! 1. The Spa Trans Luxury Sumber: gastronomy- aficionado. com Alamat: Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor. 289 Bandung Telepon:+6222- 8734- 8888 Jam Operasional: 06. 00- 23. 00 Harga: Mulai dari Rp415, 000 The Spa ialah sarana terapi yang ditawarkan oleh The Trans Luxury hotel. Terletak di tengah pusat kota Bandung, The Spa muncul dengan bermacam sarana terapi yang bisa membuat badan rileks serta lebih segar. Walaupun lokasinya terletak di dal

5 Tempat Fitness di Jogja Khusus Perempuan yang Harus Dikunjungi

Melindungi kebugaran serta kesehatan badan ialah kebutuhan dasar tiap orang. Tetapi di masa modern semacam saat ini ini, fitnes bukan cuma hanya buat melindungi kesehatan badan saja. Akan tapi, telah jadi style hidup ataupun lifestyle. Tidak heran bila keberadaan tempat fitnes mulai menjamur di bermacam wilayah serta kota- kota besar, salah satunya Yogyakarta . Tiap tempat fitnes umumnya telah sediakan alat- alat spesial, baik itu buat gym, aerobik serta bermacam tipe latihan yang lain. Tetapi mengingat kebutuhan serta kenyamanan tiap orang berbeda- beda maka, tiap tempat fitnes pula umumnya sediakan ketentuan tertentu. Terdapat tempat fitnes umum terdapat pula tempat fitnes khusus perempuan. Selaku seseorang perempuan, terkadang kita merasa tidak aman kala mesti fitness satu ruangan dengan pria. Terlebih bila kalian seseorang perempuan muslim, pastinya kalian bakal lebih bebas serta aman bila ruangannya terpisah. Nah, untuk kalian penduduk Jogja yang lagi mencari tempat fitnes khusus