Skip to main content

Featured Post

Eksplorasi Keelokan serta Ketenangan di Danau yang Menawan yang Terletak di Sukabumi

  Sukabumi , kota yang diketahui hendak keelokan alamnya, menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan lewat pesona serta ketenangan yang terpancar dari danau- danau indahnya. Dari situ yang penuh teka- teki sampai danau- danau yang melegakan jiwa, tiap destinasi mempunyai cerita serta keunikan tertentu. Berikut merupakan sebagian saran danau yang dapat kamu kunjungi; Situ Batu Karut Situ Batu Karut, memiliki sejarah menarik yang tertanam dalam nama serta kehidupan sekitarnya. Konon, kampung ini dinamai Kampung Batu Karut dari legenda tentang batu yang terikat oleh pangkal beringin. Dalam bahasa Sunda, namanya bermakna“ Batu anu dikarut ku pangkal” ataupun“ Batu yang diikat dengan pangkal.” Walaupun batu yang diikat oleh pangkal tersebut telah tidak terdapat lagi, cerita ini senantiasa jadi bagian dari sejarah kampung. Awal mulanya, zona ini cuma berisi rumah- rumah serta tempat penggilingan beras. Tetapi, bersamaan berjalannya waktu, penduduk pindah serta tempat itu bertransformasi jad

15 Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Harus Dicoba

Jika lagi jalan- jalan ke Sulawesi Selatan, makanan apa yang Kamu cari? Pasti saja makanan- makanan lezat dari Makassar, bukan? Alasannya, Makassar merupakan ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan. Jadi, sangat normal bila makanan di provinsi ini memanglah didominasi oleh makanan khas Makassar.

Nah, saat sebelum Kamu mendatangi tempat oleh-oleh lezat di Makassar serta sekitarnya, Keluyuran mau mengajak Kamu mencari tahu seputar 10 makanan khas Sulawesi Selatan yang bakal buat Kamu ketagihan. Makanan apa sajakah yang terdapat di catatan ini? Ikuti informasi sepenuhnya berikut ini, ayo!

1. Coto Makassar

Makanan khas Sulawesi Selatan yang harus dicicipi dikala berada di provinsi tersebut merupakan Coto Makassar. Kamu memanglah dapat menemukan santapan ini nyaris di seluruh kota di Indonesia. Akan tapi, rasanya kurang afdol bila kita tidak mencicipi makanan ini langsung dari wilayah asalnya.

Coto Makassar merupakan makanan yang berbahan dasar jeroan serta daging sapi. Bahan- bahan tersebut direbus dalam air yang dipakai buat cuci beras bersama dengan kacang tanah yang dihaluskan.

Sehabis itu, terdapat ekstra bumbu- bumbu yang lain yang membuat cita rasa Coto Makassar ini semakin lezat. Makanan berkuah ini memanglah sangat nikmat dimakan bersama ketupat ataupun buras.

2. Jalangkote

Dari segi tampilan, Jalangkote ini memanglah mirip sekali dengan kue pastel. Apalagi, isinya juga pula sama, ialah wortel, kentang, so’ un, telur rebus, serta daging. Seluruh bahan- bahan yang jadi isi Jalangkote ini dimasak serta dibumbui supaya rasanya lebih gurih. Bila dirasakan, rasa Jalangkote serta pastel memanglah sangat mirip.

Terdapat perbandingan antara pastel serta jalangkote. Kue yang sesuai buat buka puasa ini mempunyai kulit dengan tekstur yang lebih tebal dibandingkan pastel. Di samping itu, bila kala kita menyantap pastel memakai cabe rawit, Jalangkote ini dinikmati dengan saus yang dibuat dari cuka serta cabe.

3. Sop Konro

Satu lagi hidangan dari Makassar yang wajib Kamu coba kala singgah di provinsi Sulawesi Selatan. Merupakan Sop Konro yang ialah sup dengan cita rasa yang sangat kuat. Sup ini dibuat dari iga sapi ataupun daging sapi yang direbus sampai teksturnya sangat empuk. Pemakaian rempah- rempah, semacam ketumbar, membuat rasa dari Sop Konro terasa lebih nikmat.

Santapan berkuah dengan warna kecoklatan ini pula muncul dalam tipe berbeda, ialah konro bakar. Nantinya, daging iga sapi yang sudah dibakar bakal disajikan dengan kuah Sop Konro. Pasti saja rasa Sop Konro ini bakal buat Kamu ketagihan serta mau terus menerus menyantap hidangan ini.

4. Nasu Palekko

* sumber: www. indonesiakaya. com
Bisa jadi Kamu belum sempat mendengar nama santapan khas Sulawesi Selatan yang satu ini. Merupakan Nasu Palekko disajikan dengan daging bebek ataupun sapi yang dibumbui sedemikian rupa sehingga rasanya sangat gurih serta mirip semacam rendang. Nasu Palekko lebih terkenal bila terbuat dari daging bebek.

Pemilihan bebeknya juga tidak dapat sembarangan sebab wajib menggunakan bebek yang masih muda supaya dagingnya senantiasa empuk dikala dimakan. Nasi Palekko sendiri dapat Kamu temukan dengan gampang di Pinrap, Pangkajene, Pirang, serta Kabupaten Wajo.

5. Pisang Epe

* sumber: sidomi. com
Saatnya mencari cemilan kala terletak di Sulawesi Selatan! Bila Kamu merasa kalau perut telah kenyang serta masih mampu buat ngemil, beli saja makanan yang pula dapat jadi kudapan dari Sulawesi Setalan.

Pisang Epe merupakan cemilan yang bahan dasarnya dari buah pisang. Pisang kepok setengah matang nantinya bakal dibakar sambil sesekali dibolak- balik. Setelah itu, pisang bakal ditekan hingga pipih serta kembali dibakar lagi di atas bara api hingga rupanya mulai kecoklatan.

Sehabis pisang matang, maka pisang yang baru dibakar tadi bakal diletakkan di atas piring. Terakhir, Pisang Epe bakar bakal disiram dengan gula merah cair. Harum serta lezatnya Pisang Epe ini memanglah betul- betul membuat kita mau lekas mencicipi nikmatnya Pisang Epe dari Sulawesi Selatan ini. Lengkapi dengan minuman hangat semacam teh ataupun kopi supaya semakin nikmat.

6. Kapurung

* sumber: www. resepsedapku. com

Masih ingat dengan Papeda yang jadi makanan khas Papua serta Maluku? Nyatanya di Sulawesi Selatan pula terdapat makanan yang mirip dengan Papeda, lho, namanya merupakan Kapurung. Makanan ini pula dibuat dari tepung sagu yang dimasak dengan sayur- mayur serta ikan ataupun daging.

Meski Kapurung terkategori selaku makanan tradisional, tetapi makanan ini lumayan terkenal di Sulawesi Selatan. Kamu dapat menemukan hidangan ini di warung kaki 5 hingga restoran. Kapurung dapat ditemui di sebagian wilayah di Sulawesi Selatan, semacam Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, serta Luwu Timur.

7. Buras

Yang satu ini merupakan makanan khas Sulawesi Selatan yang biasa jadi pasangan buat menyantap Coto Makassar, Sop Konro, serta Sop Saudara. Buras ini agak mirip dengan lontong serta ketupat. Makanan ini dibuat dari beras serta pula dibungkus dengan daun pisang. Perbedaannya dengan lontong cuma pada bentuknya saja.

Tidak hanya dinikmati dengan sebagian makanan utama dari Makassar, Buras pula dapat dinikmati dengan taburan bumbu yang dibuat dari kelapa, cabe, gula, serta garam. Bukan hanya dapat ditemukan dikala Bulan Ramadhan saja, Buras dapat ditemui kapan saja.

8. Mie Titi

* sumber: selerasa. com
Nyatanya makanan khas Sulawesi Selatan pula terdapat yang mirip dengan Chinese food, lho. Merupakan Mie Titi, makanan yang mirip dengan Tamie, Chinese food. Cita rasa Mie Titi berbeda dengan mie- mie yang lain sebab bahan utamanya merupakan mie kering.

Mie tersebut bakal disiram dengan kuah kental yang mirip cap tjay serta berisi ayam, jamur, udang, cumi, sawi, telur, serta wortel. Tambahkan sambal serta perasan jeruk nipis supaya rasa Mie Titi yang bakal dimakan ini lebih mantap.

9. Gogoso

* sumber: www. dapoeryuyu. com
Selanjutnya, terdapat suatu makanan dari Sulawesi Selatan yang mirip dengan kue lemper. Gogoso dibuat dari ketan yang berisi daging serta dibungkus dengan daun pisang. Bedanya bila lemper dikukus sampai matang, Gogoso ini dibakar sampai matang. Aroma daun pisangnya yang harum merasuk ke dalam makanan ini.

Pada biasanya, Gogoson bakal disajikan bersama telur asin. Akan tapi, Kamu pula dapat langsung memakannya sebab isi dari makanan ini merupakan daging.

10. Sokko( Songkolo)

* sumber: ksmtour. com
Sokko ataupun Songkolo merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan putih, tetapi dapat pula memakai beras ketan hitam. Sehabis dimasak sampai matang, beras ketan tadi diberi taburan kelapa parut yang telah dimasak sehingga rasanya lebih gurih.

Buat menyantap Songkolo, umumnya dapat memakai ikan asin ataupun telur asin. Pada awal mulanya, makanan ini bisa jadi terasa sedikit aneh di lidah sebab kita belum biasa menyantap ketan dengan telur asin ataupun ikan asin. Tetapi, lambat- laun rasanya bakal terasa lezat di lidah kita.

11. Putu Cangkiri

* sumber: www. seruni. id
Apa yang terdapat dibenak Kamu kala mendengar makanan khas Makassar satu ini? Manis ataupun asin? Ya, camilan yang terbuat dari ketan ini mempunyai rasa manis yang siap membuat ngiler siapapun.

Terdapat 2 varian warna kue Putu Cangkiri ini ialah putih serta merah. Bila Kamu memilah Putu Cangkiri putih, maksudnya kue tersebut mempunyai rasa manis yang berasal dari gula putih biasa. Nah, buat Putu Cangkiri bercorak merah hingga rasa manisnya berasal dari gula merah. Ingin mencobanya?

12. Baje Canggoreng

* sumber: www. seruni. id
Umumnya kacang mempunyai rasa yang gurih ataupun sedikit asin. Tetapi beda halnya dengan Baje Canggoreng. Ini merupakan camilan yang berasal dari Sulawesi Selatan dengan memakai bahan dasar kacang. Tidak cuma kacang, Baje Canggoreng ini pula dibuat dari gula merah. Dikala Kamu mengigitnya, hingga rasa gurih dicampur manis gula merah juga bakal langsung lumer di mulut Kamu. Pokoknya lezat serta nikmat!

13. Kue Dange

* sumber: www. seruni. id
Kudapan satu ini pula tidak boleh Kamu lewati kala bertandang ke Sulawesi Selatan, tepatnya di Makassar. Kue Dange sekilas nampak semacam kue pukis, ya? Kue ini mempunyai rasa legit manis yang lumer di lidah Kamu.

Normal saja kue ini manis, karena Kue Dange ini terdapat gula merahnya serta dikombinasikan dengan rasa yang gurih dari parutan kelapa. Camilan ini sudah susah ditemui lho. Tetapi, Kamu bakal banyak menemukan penjual Kue Dange di wilayah Pangkep.

14. Doko- Doko Cangkuling

* sumber: www. seruni. id

Masih bersama camilan manis asal Sulawesi Selatan, kali ini Doko- Doko Cangkuling jadi salah satu makanan khas saran dari Kami. Pecinta manis wajib mencicipi cemilan ini!

Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, kentang, gula, tepung, serta pula santan. Yang membuat Kamu ketagihan yaitu kala menggigit Doko- Doko Cangkuling maka Kamu bakal merasakan gula merah yang lumer manis di lidah Kamu. Nikmat, deh pokoknya!

15. Cucuru

* sumber: www. seruni. id
Mengingat camilan serta makanan khas Sulawesi Selatan yang lezat serta manis maka Kamu tidak boleh melewatkan yang namanya Cucuru. Sebagian orang menyebut kudapan ini dengan nama Cucuru Tekne. Cucuru sendiri ialah makanan yang terbuat dari tepung beras serta pula gula merah. Bentuknya bulat imut serta rasanya manis. Bila Kamu mencicipi kue ini, maka Kamu bakal ketagihan mau makan lagi serta lagi!

Nah, inilah macam makanan khas Sulawesi Selatan yang wajib Kamu cicipi kala berada di provinsi tersebut. Terdapat bermacam- macam hidangan yang harus Kamu coba tidak hanya Coto Makassar serta Sop Konro. Tidak hanya kuliner khas Sulawesi Selatan, tahu pula makanan khas dari Sulawesi Tengah, serta Sulawesi Barat serta pula Sulawesi Tenggara yang tidak kalah enaknya.

Apabila Kamu mau menambahkan, silahkan tulis saran makanan dari Sulawesi Selatan yang lain di kolom komentar.


Comments

Popular posts from this blog

Metode Mengawali Bisnis Online Dari Nol Sampai Berhasil( Luar biasa Lengkap)

Merintis usaha dari nol sampai dapat mempunyai pelanggan yang loyal, tidaklah perihal yang gampang semacam membalikan telapak tangan. Diperlukan tekad serta keinginan yang kokoh, supaya kita sanggup bertahan di tengah persaingan bisnis yang terus menjadi ketat. Perihal seperti itu yang sudah aku tanamkan pada diri aku sendiri( penulis), kala hendak mengawali bisnis toko mainan( offline) dekat 9 tahun yang kemudian( tahun 2010). Setelah itu pada tahun 2013 aku mulai merintis membuka toko online. Nah pada peluang kali ini, aku mau memberikan pengalaman aku tersebut kepada Kamu seluruhnya. Kala hendak mengawali suatu bisnis online, hendaknya Kamu mengenali terlebih dulu tentang metode, serta metode mengawali bisnis online dari nol( dengan benar). Dengan mengenali perihal tersebut, pasti Kamu hendak bisa mengawali bisnis online tersebut secara lebih baik. Ilustrasi Bisnis Online Apabila Kamu telah sempat memperoleh rujukan yang lumayan( dari internet) tentang metode serta metode mengawali

10 Tempat Spa serta Sauna di Bandung yang Harus Dikunjungi

Bermacam- macam metode dapat dicoba buat membuat badan tetapi relaks sehabis mengerjakan banyak kegiatan tiap hari yang meletihkan, mulai dari rehat di rumah, olahraga hingga melaksanakan kegiatan pengobatan semacam sauna. Di Bandung sendiri ada banyak opsi tempat yang menawarkan bermacam sarana sauna terbaik buat mengembalikan tenaga yang terkuras sehabis bekerja. Sebagian tempat di antara lain semacam yang bakal Portalgunhal bahas dalam postingan di bawah. Buat kalian yang lagi mencari saran tempat sauna di Bandung, ikuti pembahasan berikut ini ya! 1. The Spa Trans Luxury Sumber: gastronomy- aficionado. com Alamat: Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor. 289 Bandung Telepon:+6222- 8734- 8888 Jam Operasional: 06. 00- 23. 00 Harga: Mulai dari Rp415, 000 The Spa ialah sarana terapi yang ditawarkan oleh The Trans Luxury hotel. Terletak di tengah pusat kota Bandung, The Spa muncul dengan bermacam sarana terapi yang bisa membuat badan rileks serta lebih segar. Walaupun lokasinya terletak di dal

5 Tempat Fitness di Jogja Khusus Perempuan yang Harus Dikunjungi

Melindungi kebugaran serta kesehatan badan ialah kebutuhan dasar tiap orang. Tetapi di masa modern semacam saat ini ini, fitnes bukan cuma hanya buat melindungi kesehatan badan saja. Akan tapi, telah jadi style hidup ataupun lifestyle. Tidak heran bila keberadaan tempat fitnes mulai menjamur di bermacam wilayah serta kota- kota besar, salah satunya Yogyakarta . Tiap tempat fitnes umumnya telah sediakan alat- alat spesial, baik itu buat gym, aerobik serta bermacam tipe latihan yang lain. Tetapi mengingat kebutuhan serta kenyamanan tiap orang berbeda- beda maka, tiap tempat fitnes pula umumnya sediakan ketentuan tertentu. Terdapat tempat fitnes umum terdapat pula tempat fitnes khusus perempuan. Selaku seseorang perempuan, terkadang kita merasa tidak aman kala mesti fitness satu ruangan dengan pria. Terlebih bila kalian seseorang perempuan muslim, pastinya kalian bakal lebih bebas serta aman bila ruangannya terpisah. Nah, untuk kalian penduduk Jogja yang lagi mencari tempat fitnes khusus