Skip to main content

Featured Post

Eksplorasi Keelokan serta Ketenangan di Danau yang Menawan yang Terletak di Sukabumi

  Sukabumi , kota yang diketahui hendak keelokan alamnya, menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan lewat pesona serta ketenangan yang terpancar dari danau- danau indahnya. Dari situ yang penuh teka- teki sampai danau- danau yang melegakan jiwa, tiap destinasi mempunyai cerita serta keunikan tertentu. Berikut merupakan sebagian saran danau yang dapat kamu kunjungi; Situ Batu Karut Situ Batu Karut, memiliki sejarah menarik yang tertanam dalam nama serta kehidupan sekitarnya. Konon, kampung ini dinamai Kampung Batu Karut dari legenda tentang batu yang terikat oleh pangkal beringin. Dalam bahasa Sunda, namanya bermakna“ Batu anu dikarut ku pangkal” ataupun“ Batu yang diikat dengan pangkal.” Walaupun batu yang diikat oleh pangkal tersebut telah tidak terdapat lagi, cerita ini senantiasa jadi bagian dari sejarah kampung. Awal mulanya, zona ini cuma berisi rumah- rumah serta tempat penggilingan beras. Tetapi, bersamaan berjalannya waktu, penduduk pindah serta tempat itu bertransformasi jad

10 Pilihan Sarana Menarik di Ranca Upas serta Harga yang Dikenakan

 

Source: Travelingyuk

Memiliki rencana liburan di Ranca Upas, Bandung? Cek sarana serta harga lengkapnya di sini!

Kerap melihat foto- foto menawan hutan belantara semacam lukisan berseliweran di Instagram? Bukan!

Foto- foto tersebut bukan lukisan, bukan pula hutan- hutan yang lokasinya di luar negeri. Melainkan, tempat wisata Ranca Upas yang terletak di daerah Bandung Selatan.

Tertarik mengunjungi? Simak bermacam sarana di Ranca Upas serta harga yang dipatoknya berikut ini!

Lokasi Ranca Upas yang Harga Tiket Masuknya Terjangkau

Source: Rancaupas. id

Bandung memanglah tidak sempat kehilangan tujuan wisata. Jika bosan dengan wisata kuliner serta hiruk- pikuk kota Bandung, terdapat bermacam pilihan wisata alam di area outer Bandung, semacam Ranca Upas di Ciwidey, Bandung Selatan.

Beberapa tahun belakangan, Ranca Upas lagi jadi primadona buat didatangi turis. Sebabnya, Ranca Upas menawarkan panorama alam alam luar biasa yang buat foto- foto pemula terlihat dijepret oleh juru foto handal.

Source: fokusjabar. id

Ranca Upas merupakan kawasan bumi perkemahan yang dikelola Perum Kehutanan Negara( Perhutani). Lokasi Ranca Upas terletak di Jalan Raya Ciwidey- Patengan Kilometer 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung.

Luasnya kurang lebih 215 hektar serta terletak di ketinggian 1700 m di atas permukaan laut( mdpl). Oleh sebab itu, temperatur hawa di Rana Upas sangat sejuk, yakni kurang lebih 17oC– 20oC.

Area Ranca Upas awal mulanya merupakan kawasan hutan lindung. Kekayaan floranya terdiri dari Pohon Huru, Hamirug, Jamuju, Kihujan, serta Kurai. Sebaliknya, faunanya berupa bermacam tipe burung, monyet, serta rusa. Perhutani menjadikannya kawasan perkemahan sembari senantiasa memelihara kelestarian flora serta faunanya tersebut.

Harga Tiket Masuk Ranca Upas

Source: Tiket. com

Walaupun merupakan kawasan hutan lindung, Perhutani sudah membangun bermacam fasilitas yang bakal mempermudah orang buat mengunjunginya. Contohnya, jalan beraspal buat masuk ke area tersebut, mesjid, dan kamar mandi serta wc. Jadi, kalian tidak perlu khawatir ribet beraktifitas meski berada di tengah hutan.

Kalian bisa mendatangi Ranca Upas cuma beberapa jam saja semata- mata buat melancong, dapat pula menginap dengan berkemah selama beberapa hari. Buat merasakan keelokan serta keunikan alam Ranca Upas, kalian butuh membayar tiket masuk.

Tenang, harga tiket masuk per orang ke area Ranca Upas termasuk murah, tuh, yaitu:

  • Turis nusantara: Rp25. 000
  • Wisatwan mancanegara: Rp44. 000

Sebaliknya, untuk memakai lahan parkirnya, kalian bakal dikenakan tarif flat:

  • Motor: Rp6. 000
  • Mobil: Rp11. 000
  • Minibus: Rp27. 000

Ranca Upas buka tiap hari. Tetapi, terdapat jam buka yang butuh kalian perhatikan:

  • Kunjungan wisata: 07. 00– 16. 00 WIB
  • Kunjungan berkemah: 24 jam

Kegiatan Menarik di Ranca Upas serta Harga yang Dikenakan

Source: Highlandadventure. id

Meski disebut sebagai kawasan perkemahan, daerah Ranca Upas yang luas menawarkan bermacam kegiatan yang seakan- akan tidak ada habisnya. Terdapat arena outbond, kolam renang air hangat, outdoor gathering, apalagi lokasi foto pre- wedding.

Dipastikan kalian tidak hendak bosan bolak- balik mengunjunginya buat berupaya bermacam sarana yang terdapat. Butuh diingat, buat melaksanakan bermacam kegiatan bonus tidak hanya kunjungan wisata, kalian hendak dikenakan bayaran bonus.

Berikut sebagian pilihan kegiatan seru yang bisa kalian jalani selama di Ranca Upas:

1. Berkemah

Source: Pinterest

Tidak afdol berkunjung ke Ranca Upas tanpa menikmati keelokan alamnya sepanjang hari, dari pagi sampai malam. Oleh sebab itu, kalian bisa menginap di tempat ini dengan berkemah di alam terbuka.

Ribet? Tenang! Pengelola Ranca Upas sudah mempersiapkan zona spesial berkemah yang gampang dijangkau beserta sarana pendukung. Kalian tidak bakal kesusahan menemukan kamar mandi, tempat makan, fasilitas beribadah( mesjid), apalagi colokan buat mengisi baterai ponsel serta laptop.

Zona perkemahan Ranca Upas dipecah lagi jadi 2 zona yang bisa kalian pilih cocok tujuan menginap, adalah:

  • Rasamala: dekat tempat parkir mobil.
  • Puspa: dengan panorama alam danau serta dekat ke wc air hangat.

Buat menggunakan zona berkemah ini, tidak hanya biaya tiket masuk di atas, kalian wajib membayar lagi biaya sewa tempatnya. Berikut biaya berkemah per orang per malam:

  • Turis nusantara: Rp15. 000
  • Turis mancanegara: Rp15. 000
  • Motor: Rp16. 000 per unit
  • Mobil: Rp29. 000 per unit
  • Minibus: Rp 61. 000 per unit

Harga tersebut cuma buat biaya zona berkemah saja. Peralatan berkemah, semacam tenda, makanan, serta lain- lain, mesti kalian membawa sendiri. Ataupun, mesti siapkan biaya ekstra buat menyewa kelengkapan berkemah, semacam sleeping bag, kompor, lampu tenda, juga buat listrik serta colokan.

Kalian bisa memakai paket penyewaan tenda yang disediakan pihak ketiga( agen wisata), dengan harga mulai Rp150. 000– Rp1. 150. 000. Paket- paket tersebut telah termasuk bayaran sewa tenda, bongkar pasang tenda, serta booking tempat tenda.

2. Berkemah dekat mobil di Campervan Park

Source: Instagram/ ranca_upas

Ranca Upas menyediakan pula zona Campervan Park untuk yang mau berkemah langsung di samping mobil kalian. Biaya berkemah per malam di zona ini berbeda dengan berkemah di tempat berkemah biasa, adalah:

  • Cuma tempat berkemah: Rp250. 000
  • Tempat berkemah+ tenda: Rp500. 000

Sarana zona Campervan Park berupa carport, colokan listrik, serta air bersih, dengan panorama alam langsung ke danau.

3. Bermain ke zona penangkaran rusa

Source: Instagram/ ranca_upas

Salah satu keistimewaan Ranca Upas merupakan ada tempat penangkaran rusa. Di tempat tersebut, kalian bisa menikmati panorama alam rusa- rusa yang leluasa berkeliaran di alam liar.

Tipe rusa yang ditangkar di Ranca Upas merupakan rusa Jawa yang memanglah merupakan hewan dilindungi. Ciri dari rusa Jawa merupakan bentuk badan yang besar serta bulu badannya lebih panjang dari rusa pada biasanya sehingga nampak lebat. Warna bulu kaki rusa Jawa cenderung lebih cerah dari bulu badannya.

Zona penangkaran serta zona yang lain di Ranca Upas dibatasi oleh pagar kayu. Kalian tidak bakal dikenakan biaya alias free jika cuma melihat- lihat dari luar pagarnya. Tetapi, jika mau berinteraksi dengan rusa- rusa tersebut, termasuk difoto, dikenakan biaya Rp22. 000 per orang.

4. Outbond

Source: Instagram/ ranca_upas

Wisata alam tidak bakal lengkap tanpa menyediakan sarana outbond, termasuk di Ranca Upas. Terdapat banyak pilihan kegiatan outbond seru yang bisa kalian pilih. Jangan lupa, siapkan dana buat menjajal tiap- tiap kegiatan tersebut. Berikut pilihan kegiatan outbond beserta biaya per paketnya:

  • Paintball: Rp125. 000
  • ATV: Rp150. 000
  • Panahan( archery): Rp35. 000
  • Kuda tunggang: Rp35. 000
  • Petik stroberi: Rp50. 000

Ada pula paket outbond oleh pihak kala, kayak agen ataupun operator wisata. Contoh harga per paketnya antara lain:

  • Team building( min. 10 orang): Rp90. 000/ orang
  • Hiking( min. 5 orang): Rp75. 000/ orang
  • Rafting( min. 5 orang): Rp200. 000/ orang
  • Paintball( min. 7 orang): Rp90. 000/ orang
  • Archery battle: Rp90. 000/ orang
  • Flying fox( kanak- kanak): Rp15. 000/ anak

5. Kolam renang serta waterboom air panas

Source: Travels Promo

Mau berenang di kelilingi panorama alam serta hawa pegunungan? Ranca Upas juga menyediakan sarana kolam renang. Jangan khawatir bakal kedinginan sebab air pemandiannya merupakan air hangat.

Tidak hanya kolam renang biasa, ada pula zona waterboom untuk yang mau berenang sembari bermain air. Sekali lagi, tidak perlu takut, air di waterboom juga memakai air panas.

Di samping itu, zona kolam renang serta waterboom juga didesain dengan baik buat kenyamanan wisatawan. Buat memakai sarana kolam renang serta waterboom, tiap wisatawan dikenakan tarif Rp22. 000

6. Kolam rendam( onsen)

Source: Brisik ID

Yap, Ranca Upas pula memiliki onsen! Jika cuma mau semata- mata berendam air panas, langsung aja mengarah kolam onsennya ini. Berbeda dengan kolam renangnya, kolam onsen ini memiliki temperatur yang tinggi, yakni 40- 42oC.

Air panas yang digunakan merupakan air panas natural yang memiliki belerang. Tekanan pada air belerang bersuhu tinggi ini bisa memberikan dampak relaksasi pada otot, melancarkan peredaran darah, sehingga mengusir pegal- pegal. Kandungan mineralnya( sulfu, iodium, natrium silikat, magnesium) membantu meredakan sakit otot serta indikasi radang persendian.

Zona onsen terdiri dari 5 kolam kecil yang memuat 4 orang di tiap kolamnya. Harga tiket masuknya sebesar Rp28. 000 per orang.

7. Glamping di Igloo Tent

Source: Tribun Jabar Travel

Ingin kemping dengan sarana ala hotel alias glamping? Jangan salah, Ranca Upas juga menyediakan tempat buat glamping tersebut! Di zona Igloo Tent, kalian dapat merasakan sensasi menginap di alam terbuka dari atas danau dengan sarana lengkap semacam hotel berbintang.

Fasilitas menginap di Igloo Tent termasuk kasur spring bed jenis twin bed, amenities( gosok gigi), air mineral, serta dapat tambah barbekyu, api unggung, makan pagi, sewa gameboard, dan bonus tempat tidur. Sebaliknya, sarana toiletnya terpisah, ya.

Biaya menginap per malam di sini merupakan:

  • Weekdays: Rp550. 000
  • Weekend: Rp700. 000

8. Menginap di kabin tengah hutan

Source: Disparbud. jabarprov, go, id

Satu lagi opsi menginap penuh sensasi di Ranca Upas merupakan di kabin pada tengah hutan yang disediakan oleh Bobocabin. Sama semacam di Igloo Tent, menginap di sini kayak bermalam di hotel.

Bedanya, sarana yang disediakan lebih lengkap. Ada Wi- Fi, AC, amenities lengkap, dan smart window serta smart lock pada tiap kabin. Kamar mandinya lengkap dengan shower, tetapi terdapat kabin dengan kamar mandi dalam serta kamar mandi luar( shared bathroom).

Kalian bisa menginap bersama sahabat ataupun beramai- ramai dengan keluarga. Biaya menginap per malam yaitu Rp1. 150. 000– Rp2. 000. 000( bisa berganti sewaktu- waktu.

9. Redakan stres dengan shinrinyoku di tengah hutan

Source: Today Line

Berjalan- jalan saja di tengah hutan nyatanya mempunyai khasiat yang baik buat kesehatan sebab sanggup merendahkan stres serta menjernihkan pikiran. Kegiatan ini telah lama dicoba oleh warga Jepang, yang disebut shinrinyoku.

Tetapi, kalian tidak butuh jauh- jauh ke Jepang buat ber- shinrinyoku. Ranca Upas menyediakan paket“ Healing Forest” buat wisatawan yang mau merasakan khasiat bersantai di tengah hutan.

Dalam paket ini, tidak cuma melakukan shinrinyoku ataupun forest bathing, terdapat pula sesi curhat buat meredakan emosi serta mindfulness yoga. Seru!

Paket“ Healing Forest” dicoba dengan berkelompok, minimun 5 orang serta maksimal 20 orang. Harga paketnya mulai Rp300. 000 buat 5 orang.

10. Foto Pre- Wedding

Source: Bride Story

Kecantikan alam Ranca Upas sesuai banget, nih, untuk yang mau foto pre- wedding. Mayoritas, calon pengantin difoto dengan rusa- rusa di zona penangkaran rusa. Ranca Upas mengeluarkan izin kepada calon pengantin buat melaksanakan foto pre- wedding bekerja sama dengan studio- studio foto di Indonesia.

Jadi, kalian bisa memesan melakukan foto pre- wedding di Ranca Upas lewat studio- studio foto tersebut. Biasanya, biaya yang dikeluarkan telah termasuk juru foto, hasil foto, pemotretan selama beberapa jam, tiket masuk, tiket parkir, biaya pawang serta pakan rusa. Harga mulai Rp1. 000. 000.

Panduan Melancong di Ranca Upas buat Harga Terbaik

Seperti itu aktivitas- aktivitas seru yang bisa kalian jalani di Ranca Upas. Banyak, ya, pilihannya! Biar lebih mempermudah kalian liburan, berikut sebagian panduan wisata di Ranca Upas.

Senantiasa membawa baju ganti, sweater, jaket, serta kaos kaki tebal sebab suhunya sangat dingin. Apalagi, dalam keadaan tertentu bisa jadi ekstrem sampai di bawah 10oC.

Hendaknya tiba pada siang hari. Kawasan ini cenderung berkebut sehingga dapat menyulitkan perjalanan.

Membawa uang tunai seperlunya sebab sistem pembayaran di sini belum seluruhnya elektronik.

Buat bujet terlebih dulu saat sebelum masuk ke Ranca Upas buat menghindari boros. Kalkulasikan berapa biaya yang diperlukan buat menikmati sarana yang kalian mau. Ingat, ya, banyak sarana yang biayanya terpisah satu sama lain pada saat digunakan.

Hendaknya telepon dahulu ke 0821- 2391- 9035 buat informasi serta reservasi. Terdapat sebagian sarana yang mesti kalian reservasi dahulu saat sebelum digunakan.

Selamat liburan!

Nyatanya mengasyikkan, ya, liburan di Ranca Upas yang atmosfer yang jauh dari banyak aktivitas kota, tetapi harga tiketnya masih terjangkau.

Apakah kalian pernah mendatangi ataupun berkemah juga di Ranca Upas? Share, ayo, pengalaman kalian dengan menulisnya di kolom komentar di bawah ini! 

Comments

Popular posts from this blog

Metode Mengawali Bisnis Online Dari Nol Sampai Berhasil( Luar biasa Lengkap)

Merintis usaha dari nol sampai dapat mempunyai pelanggan yang loyal, tidaklah perihal yang gampang semacam membalikan telapak tangan. Diperlukan tekad serta keinginan yang kokoh, supaya kita sanggup bertahan di tengah persaingan bisnis yang terus menjadi ketat. Perihal seperti itu yang sudah aku tanamkan pada diri aku sendiri( penulis), kala hendak mengawali bisnis toko mainan( offline) dekat 9 tahun yang kemudian( tahun 2010). Setelah itu pada tahun 2013 aku mulai merintis membuka toko online. Nah pada peluang kali ini, aku mau memberikan pengalaman aku tersebut kepada Kamu seluruhnya. Kala hendak mengawali suatu bisnis online, hendaknya Kamu mengenali terlebih dulu tentang metode, serta metode mengawali bisnis online dari nol( dengan benar). Dengan mengenali perihal tersebut, pasti Kamu hendak bisa mengawali bisnis online tersebut secara lebih baik. Ilustrasi Bisnis Online Apabila Kamu telah sempat memperoleh rujukan yang lumayan( dari internet) tentang metode serta metode mengawali

5 Tempat Fitness di Jogja Khusus Perempuan yang Harus Dikunjungi

Melindungi kebugaran serta kesehatan badan ialah kebutuhan dasar tiap orang. Tetapi di masa modern semacam saat ini ini, fitnes bukan cuma hanya buat melindungi kesehatan badan saja. Akan tapi, telah jadi style hidup ataupun lifestyle. Tidak heran bila keberadaan tempat fitnes mulai menjamur di bermacam wilayah serta kota- kota besar, salah satunya Yogyakarta . Tiap tempat fitnes umumnya telah sediakan alat- alat spesial, baik itu buat gym, aerobik serta bermacam tipe latihan yang lain. Tetapi mengingat kebutuhan serta kenyamanan tiap orang berbeda- beda maka, tiap tempat fitnes pula umumnya sediakan ketentuan tertentu. Terdapat tempat fitnes umum terdapat pula tempat fitnes khusus perempuan. Selaku seseorang perempuan, terkadang kita merasa tidak aman kala mesti fitness satu ruangan dengan pria. Terlebih bila kalian seseorang perempuan muslim, pastinya kalian bakal lebih bebas serta aman bila ruangannya terpisah. Nah, untuk kalian penduduk Jogja yang lagi mencari tempat fitnes khusus

10 Tempat Spa serta Sauna di Bandung yang Harus Dikunjungi

Bermacam- macam metode dapat dicoba buat membuat badan tetapi relaks sehabis mengerjakan banyak kegiatan tiap hari yang meletihkan, mulai dari rehat di rumah, olahraga hingga melaksanakan kegiatan pengobatan semacam sauna. Di Bandung sendiri ada banyak opsi tempat yang menawarkan bermacam sarana sauna terbaik buat mengembalikan tenaga yang terkuras sehabis bekerja. Sebagian tempat di antara lain semacam yang bakal Portalgunhal bahas dalam postingan di bawah. Buat kalian yang lagi mencari saran tempat sauna di Bandung, ikuti pembahasan berikut ini ya! 1. The Spa Trans Luxury Sumber: gastronomy- aficionado. com Alamat: Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor. 289 Bandung Telepon:+6222- 8734- 8888 Jam Operasional: 06. 00- 23. 00 Harga: Mulai dari Rp415, 000 The Spa ialah sarana terapi yang ditawarkan oleh The Trans Luxury hotel. Terletak di tengah pusat kota Bandung, The Spa muncul dengan bermacam sarana terapi yang bisa membuat badan rileks serta lebih segar. Walaupun lokasinya terletak di dal